Ini Jalur Menuju Puncak Gunung Dengan Panorama Terdahsyat di Dunia
Credit by: (Foto dari kiri atas) : Everest Base Camp Dan Kala Patthar - Gokyo Lakes, Nepal - Highlands of Ethiopia, Afrika - John Muir Trail, AS (Ist)

Jakarta, PINews.com - Berjalan setepak demi setepak Menggapai sebuah puncak gunung tentu menjadi sebuah impian bagi para penggiat kegiatan alam bebas pendakian gunung. Tetap setia berjalan di jalur trekking yang semestinya, selain menuju ke puncak yang sudah pasti disguhi keindahan alam. Jalur menuju puncak juga sudah pasti memiliki keindahan yang juga berbeda jika dibandingkan dengan keindahan di puncak.

Jalur menuju puncak gunung yang indah merupakan obat penyejuk, penghilang rasa lelah, penghilang rasa lapar dan haus. Saat kaki mulai gontai, pemandangan jalur lah yang mengingatkan kita dan membangunkan kita untuk tetap semangat sampai puncak.

Semua panorama alam di jalur menuju puncak gunung sangat luar biasa, akan tetapi ada empat jalur yang menjadi pilihan dan disebut-sebut memiliki panorama alam jalur menuju puncak gunung paling spektakuler di dunia. Dilansir BelantaraIndonesia, berikut empat jalur spektakuler itu

1. Everest Base Camp Dan Kala Patthar, Nepal 
Ini adalah trek klasik menuju puncak gunung tertinggi di dunia yang harus dilalui selama 18 hari. Trek ini melalui Desa Sherpa sebelum mencapai basecamp Everest dan puncak Kala Patthar. 

Saat melalui jalur ini, jangan lupa untuk mengeluarkan kamera. Panorama yang Anda lalui akan sangat menakjubkan. Ada banyak biara tua yang bisa dilihat dan tentu saja hewan liar yang mengisi jalur trekking.

2. Gokyo Lakes, Nepal 
Ini adalah trek alternatif untuk menuju Everest Base Camp. Meski alternatif, waktu tempuh melalui jalur ini cukup lama, yakni 17 hari.

Meski begitu, trek ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Mata pendaki akan dimanjakan dengan lanskap pegunungan dengan danau biru. Waktu terbaik mencapai tempat ini adalah ketika Matahari terbenam. Kombinasi danau biru dengan Matahari terbenam adalah salah satu yang terbaik dan paling spektakuler di Himalaya.

3. Highlands of Ethiopia, Afrika 
Pegunungan Simien di Ethiopia adalah salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO. Pegunungan ini menawarkan trekking dan kemping di alam liar. 

Bukan cuma itu, pegunungan ini juga memperlihatkan kastil kuno abad pertengahan, obeliskkuno dan juga gereja yang dipahat di bukit bebatuan. Untuk bisa melalui jalur ini, turis perlu menghabiskan waktu maksimal hingga 17 hari.

4. John Muir Trail, AS 
Jika tubuh Anda cukup sehat, bugar dan siap dengan tantangan, rasanya perlu mencoba trek yang satu ini, John Muir Trail. Ini adalah salah satu trek terbaik di Amerika Utara.

Berawal dari Tuolumne di Taman Nasional Yosemite, trek memiliki panjang 321 km. Trek ini menuju arah selatan Gunung Sierra menuju puncak Gunung Whitney dengan ketinggian 4.418 Mdpl.

Yang asyik, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan padang rumput alpin yang subur, hutan pinus yang lebat dan dihias denan danau. Hewan liar yang berlari - lari pun menambah cantik panorama.

Editor: Rio Indrawan