TDDS, Aplikasi Smartphone Untuk Mengawasi Cara Mengemudi
Credit by: Ilustrai penampakan aplikasi TDDS (Ist)

Jakarta, PINews.com - Sudah menjadi hal lumrah saat ini remaja sudah mahir dan dipercaya orang tua untuk mengendarai mobil. Bahkan meskipun surat izin mengemudi belum didapatkan, dijalan-jalan kita sering melihat remaja dengan asyiknya mengendarai kendaraan roda empat ini.

Meskipun memberi izin, tapi sebagai orang tua anda pasti khawatir dengan keselamatan anak anda ketika berkendara. Disatu sisi anda tidak bisa terus-terusan mengikuti sepak terjang dan gaya mengemudi anak anda.

Jangan khawatir, karena lagi-lagi tenologi dan smartphone menjadi jalan keluar atas permasalahan tersebut.

Sebuah aplikasi yang diberi nama Teen Driver Support System (TDDS) berhasil dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari University of Minnesota. Dilansir dari Hindustantimes, dengan aplikasi ini orang tua akan bisa mengawasi dan mencermati gaya mengemudi anaknya dimanapun mereka berada.

Aplikasi ini akan memberikan respon secara real time kepada orang tua saat anaknya menyetir mobil, misalnya ketika melebihi kecepatan diatas normal.

Secara otomatis aplikasi ini akan memperingati si pengemudi untuk mengurangi kecepatan dengan peringatan audio dan visual jika tidak diindahkan maka apilikasi ini pun akan segera mengirimkan pesan teks ke orang tua sehingga orang tua dapat memperingatkan anaknya secara langsung.

"Aplikasi ini semacam solusi untuk remaja dan orang tua. Orang tua dapat membantu remaja mereka berkendara lebih aman di jalan, dan si remaja bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang mereka butuhkan", papar Janet Creaser, Ketua peneliti di University of Minnesota.

Editor: RI