Jakarta Harus Siap Hadapi Banjir Pada Februari 2016
Credit by: Tim BPBD Jakarta sedang berlatih penanggulangan banjir (Ist)

Jakarta, PINews.com - Musim penghujan sudah mulai terjadi di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jakarta dan sekitarnya yang kerap kali menjadi langganan banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan curah hujan di wilayah ibukota akan meninggi pada Februari 2016, sehingga berpotensi mengakibatkan banjir besar. 

"Berdasarkan prakiraan kami, pada akhir Januari sampai dengan akhir Februari tahun depan itu eskalasi hujannya tinggi," kata Kepala Satuan Pelaksana BPBD DKI Denny Wahyu Haryanto di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, seperti dilansir dari kantor berita Antara. 

Menurut dia, prediksi tersebut juga sesuai dengan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pada bulan-bulan tersebut, diperkirakan curah hujan terus meningkat. 

"Kami memperkirakan bahwa pada awal 2016 mendatang, intensitas curah hujan akan terus mengalami peningkatan. Bahkan, bisa mencapai lebih dari 100 mili meter per harinya," ujar Denny. 

Dia menuturkan akan ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, curah hujan akan jatuh secara bersamaan dalam satu hari. Kedua, curah hujan akan turun sedikit demi sedikit setiap hari. 

"Curah hujan yang turun setiap hari mungkin bisa saja rendah. Tapi kami juga punya prakiraan yang paling ekstrim, yaitu ketika terjadi curah hujan tinggi dalam satu hari, maka dipastikan akan ada peningkatan debit air di Jakarta," tutup Denny.

Editor: RI