BNPB : Meski Meletus, Masyarakat Di Kaki Gunung Raung Belum Perlu Mengungsi
Credit by: Gunung Raung (bondowoso.go.id)

Bondowoso, PINews.com - Masyarakat di sekitar Gunung Raung diminta BNPB untuk tidak khawatir terkait meningkatnya status Gunung Raung dalam beberapa hari terakhir.

Ada empat kabupaten terdekat dari Gunung Raung yakni Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember‎.

Menurut BNPB masyarakat belum perlu untuk mengungsi akibat erupsi Raung, karena letak pemukiman terdekat dari gunung juga cukup jauh dari kaki gunung.

“Sampai sekarang masyarakat belum perlu untuk mengungsi, karena permukiman yang terdekat dari puncak kawah ada di sekitar 8 kilometer," ujar Kepala Pusat Data‎ Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo menjelaskan sifat letusan Gunung Raung adalah strombolian yang artinya erupsi terus menerus dengan ketinggian sampai 100-400 meter.

Meski begitu, BNPB dan empat kabupaten terus mempersiapkan hal0hal yag diperlukan jika status gunung terus mengalami peningkatan yang signifikan.

“Masker sudah didistribusikan kepada masyarakat, sosialisasi juga terus dilakukan, kemudian posko didirikan dan koordinasi di tingkat daerah bersama TNI, Polri, SKPD, dan relawan sudah dilakukan," jelas Sutopo.

Editor: RI