Buah Lo Han Kuo, Pemanis Alami Bagi Penderita Diabetes
Credit by: Buah Lo Han Kuo (Ist)

Jakarta, PINews.com -  Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, dapat menimbulkan berbagai penyakit, terutama Diabetes. Penderita diabetes semakin hari semakin bertambah. Hal ini dikarenakan pola makan yang salah dan gaya hidup yang tidak sehat.

Para ilmuan banyak yang menggunakan bahan alami untuk pengganti gula untuk mengurangi resiko diabetes. Cina terkenal dengan berbagai pengobatan tradisional yang terbukti menjur selama berabad-abad, termasuk  buah Lo Han Kuo terkenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan terutama penderita diabetes.

Siraitia Grosvenorii merupakan jenis herbal dari keluarga cucurbitaceae yang berasal dari Tiongkok Selatan dan Utara Thailand. Ekstrak buah dari tanaman tersebut, memiliki hampir 300 kali lebih manis dari gula dan telah digunakan di Tiongkok sebagai pemanis rendah kalori. Buah Lo Han Kuo biasanya digunakan sebagai campuran dalam minuman dingin atau pengobatan tradisional untuk mengobati diabetes dan mencegah terjadinya obesitas.

Buah Lo Han Kuo biasanya disebut dengan monk fruit, buah budha, buah panjang umur atau buah arhat. Kita bisa menjumpai buah ini dalam bentuk kering dan biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal.

Manfaat di dalam buat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit tetap sehat, anti kanker, mencegah penuaan dini dan bagus untuk perawatan kulit. Selain itu, manfaat lainnya pun beragam, seperti meringankan batuk, sembelit, tonsilitis, bronkitis akut dan meringankan sakit tenggorokan.

Kecuali dicampurkan ke dalam minuman, konsentrat buah Lo Han Kuo pun juga terbiasa digunakan sebagai sup, kaldu, kue, permen dan masih banyak lagi. Buah ini, dapat ditemukan di pasar swalayan atau toko bahan makanan Asia atau toko obat Tiongkok. 

Editor: RI