Pertamina Tanggulangi Rembesan Pipa BBM di Manonjaya Tasikmalaya
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com  - Kebocoran yang terjadi pada pipa BBM di Tasikmalaya yang sempat mengejutkan warga sekitar sudah dalam penanganan oleh Pertamina. Marketing Operation Region III Pertamina yang membawahi pemasaran Jawa Bagian Barat tengah upayakan penanggulangan rembesan pipa BBM di Kamuyan Desa Manonjaya Tasikmalaya yang terjadi pada pukul 11.35 WIB (21/10).

Assistant Manager External Relation MOR III Pertamina Milla Suciyani mengatakan tim Health, Safety, Security, Environtment (HSSE) dan Organisasi Keadaan Darurat (OKD) Pertamina dalam proses pembersihan dengan menggunakan absorbant/penyerap minyak dan dispersant/pelarut minyak untuk mencegah supaya Solar tidak menimbulkan potensi bahaya. Tim juga dibantu oleh pihak aparat kepolisian setempat serta aparat desa.

"Pertamina tengah melakukan upaya terbaik untuk mencegah dampak kepada masyarakat dan lingkungan terkait dengan rembesan pipa BBM di Manonjaya. Segera setelah adanya temuan rembesan tersebut, pipa sudah dalam posisi ditutup sehingga tidak ada aliran lebih lanjut dan Solar yang sudah terlanjur keluar kami tangani sesuai dengan prosedur standard yang berlaku," kata Milla.

Dia menjelaskan saat terjadi rembesan, pipa tengah menyalurkan BBM jenis solar. Pipa tersebut merupakan bagian dari pipa BBM jalur Lomanis-Tasikmalaya yang dalam proses penggantian.

"Jalur pipa Lomanis-Tasikmalaya memang dalam proses penggantian secara keseluruhan. Namun, proses penggantian  belum sampai pada titik yang saat ini mengalami rembesan di KP 119," terangnya.

Editor: RI