Tol Cipularang Kembali Ambelas
Credit by: Istimewa

Bandung, PINews.com - Baru saja diperbaiki, Badan jalan di Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) kembali ambles, Minggu (26/1/2014). Lokasi ambles berada di Kilometer 72+800, Purwakarta, Jawa Barat, lokasi yang tiga hari lalu ambles dan dalam proses perbaikan.

Menurut Ricky selaku Kepala Divisi Pemeliharaan Jasa Marga, ambles jalan kembali terjadi karena proses perbaikan belum selesai 100 persen. "Ambles susulan terjadi antara 10 hingga 20 sentimeter,"ujar Ricky.

Jasa Marga menargetkan perbaikan ruas tersebut rampung pada Senin (27/1/2014). Sebelumnya, Jumat (24/1/2014), ruas jalan ini ambles sepanjang 20 hingga 60 sentimeter. Kejadian ini membuat kemacetan mengular di jalur tol tersebut dari arah Jakarta menuju Bandung.

Jajang (43), seorang petugas perbaikan jalan, mengatakan, penurunan tanah ini terjadi tak jauh dari lokasi kejadian sebelumnya. Kedalaman ambles kemarin mencapai 80 sentimeter dengan panjang sekitar 50 meter.

"Kami tengah melakukan perbaikan jalan yang mengalami ambles sebelumnya. Saat pagi, eh, ternyata penurunan tanah kembali terjadi," ujar Jajang, Minggu.

Menurut Jajang, saat ini fokus perbaikan adalah pengurukan tanah di bagian bawah jalan, pemasangan bronjong, dan pemasangan tiang pasang. Dirlantas Polda Jabar Komisaris Besar Rusdi Hartono mengatakan, jalan ambles di Kilometer 72 tol yang juga dikenal dengan nama Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) ini bisa dilewati kendaraan kecil atau golongan satu, Senin.

Amblesnya jalan sedalam sekitar 20 sentimeter dan retakan jalan sepanjang hampir 100 meter masih dalam pemeriksaan tim ahli. Arus lalu lintas sempat terganggu, terutama kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung.

Kendaraan kecil masih bisa melintas di jalur berlawanan (contra flow) sejak Minggu pagi. Adapun kendaraan besar dialihkan melalui Pintu Tol Cikampek untuk melanjutkan perjalanan menggunakan Tol Cipularang setelah melewati Purwakarta. 

Sumber : Kompas

Editor: Rio Indrawan