Zulkifli Hasan Ketua MPR, KMP Mulus Kuasai Parlemen
Credit by: Zulkifli Hasan (Ist)

Jakarta, PINews.com - Koalisi Merah Putih (KMP) akhirnya benar-benar menguasai parlemen. Setelah pimpinan DPR berhasil dikuasai, giliran pimpinan MPR yang sukses dikuasai setelah dilangsungkan rapat Paripurna dini hari tadi (8/10).

Sebanyak 678 anggota majelis memberikan suaranya yang akhirnya memutuskan paket pimpinan KMP menang. Paket B dari KMP yakni Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional, dan empat Calon Wakil Ketua Mahyudin dari Partai Golkar, EE Mangindaan dari Partai Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera, dan juga Wakil Ketua Oesman Sapta Odang dari DPD.

Paket KMP ini sukses unggul dari paket dari koalisi Indonesia Hebat ditambah PPP yang baru bergabung. Paket ini terdiri dari Calon Ketua MPR Oesman Sapta Odang yang berasal dari DPD, dan empat Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Imam Nahrawi dari Partai Kebangkitan Bangsa, Patrice Rio Capella dari Partai Nasdem, dan Hazrul Azhar dari Partai Persatuan Pembangunan.

Untuk paket pimpinan MPR RI dari Koalisi Merah Putih meraih 347 suara. Sedangkan paket pimpinan MPR RI yang diusung Koalisi Indonesia Hebat meraih 330 suara.

"Dari pengitungan suara, dengan demikian dimenangkan oleh paket B. Dengan Bismillahirrahmanirahim, kami tetapkan dan sahkan," kata pimpinan rapat paripurna MPR RI, Maimanah Umar saat membacakan hasil voting di gedung DPR RI.

Editor: Rio