Presiden SBY : TNI Harus Selalu Siap, Meski Tak Punya Musuh
Credit by: Presiden SBY saat memberikan arahan dalam HUT TNI (Setkab)

Jakarta, PINews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Panglima Tertinggi (Pangti) Tentara Nasional Indonesia (TNI) menegaskan, meskipun saat ini Indonesia tidak memiliki musuh karena pemerintah menjalan politik bebas aktif, tidak ada musuh tetapi sejuta kawan, prajurit TNI tetap harus siap 24 jam.

“TNI 24 jam harus siap mengemban tugas tanggap darurat bencana. Itu juga operasi militer selain perang. Menghadapi terorisme juga tugas TNI, demikian juga apabila ada gangguan di dalam negeri yang mengancam keamanan publik yang kepolisian kita tidak bisa melaksanakan sendiri, TNI harusnya juga memberikan bantuan,” kata Presiden SBY saat memberikan arahannya di hadapan 23.600 prajurit TNI di Darmaga Madura, Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Armatim), Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/10) petang.

Dalam acara yang dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono itu, Presiden SBY menegaskan, ancaman setiap saat bisa datang termasuk terorisme dan gangguan di dalam negeri. Oleh karena itu, Presiden SBY meminta segenap prajurit TNI untuk senantiasa siap.

Presiden SBY mengingatkan, TNI Angkatan Darat harus siap dan mampu serta memenangkan pertempuran di darat. Angkatan Laut harus siap mampu melakukan pertempuran di laut. Sementara Angkatan Udara juga harus siap, mampu, dan memenangkan pertempuran di udara.

Menurut Presiden SBY, selain tugas-tugas militer untuk perang,TNI  juga harus melaksanakan tugas-tugas militer selain perang misalnya melaksanakan perang untuk tugas pemeliharaan perdamaian. Untuk inilah, lanjut SBY, ribuan, puluhan ribu prajurit TNI dikirim setiap tahun ke luar negeri untuk memberikan pengalaman mengemban tugas internasional bersama tentara-tentara lain.

Ia menyebutkan, keterlibatan TNI dalam mengemban tugas internasional untuk pemeliharaan perdamaian dunia bisa dilaksanakan karena Alhamdulillah negara kita makin aman.

“Aceh tidak lagi membara, Papua bisa kita kontrol keamanannya, konflik komunal di Poso sudah selesai, di Ambon dan Maluku Utara sudah selesai, di Kalimantan sudah selesai, dengan demikian disamping tugas -tugas di dalam negeri kalian harus punya pengalaman internasional. Itulah sebabnya kita harus tingkatkan kontribusi kita pada tugas-tugas internasional,” tutur Presiden SBY.

Agar tugas-tugas itu dapat dicapai, lanjut Presiden SBY, maka postur militer harus ditingkatan, kemampuan prajurit baik pendidikan pelatihan dan kesiagaan ditingkatkan, sektor persenjataan etrutama Alutsista ditingkatkan, logistik ditingkatkan, anggaran ditingkatkan, infrastruktur ditingkatkan.

“Semua itu demi mengemban tugas pokok dan jangan lupa prajurit adalah manusia. Prajurit punya keluarga mereka juga manusia ingin mendapatkan kesejahteraan yang makin baik,” jelas SBY.

Dalam kesempatan itu, terkait dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)nya yang ke-69, menurut Presiden SBY, Tentara Nasional Indonesia akan melaporkan kepada rakyat Indonesia apa yang telah dilakukan selama 10 tahun terakhir ini, terutama di bawah kepemimpinan dirinya dan kepemimpinan para pimpinan jajaran TNI. Presiden meyakini, rakyat Indonesia, Insya Allah akan bangga atas kemajuan Tentara Nasional Indonesia.

Menurut Presiden SBY, pada puncak acara peringata Hari Ulang Tahun (HUT)nya yang ke-69, Selasa (7/10) besok, langit di atas Darmaga Madura itu akan hitam karena akan melintas lebih dari 200 pesawat terbang pesawat tempur kita utamanya dari angkatan udara, ditambah dari angkatan laut, dan angkatan darat, sayap tetap maupun sayap putar.

“Saya kira dalam sejarah Republik Indonesia sejak Indonesia merdeka, esok harilah kita akan berbangga bersyukur kepada Tuhan karena 200 lebih pesawat terbang menghiasi udara Surabaya,” ungkap Kepala Negara.

Selain itu, lanjut Presiden SBY, akan melintas juga di wilayah laut puluhan kapal perang yang akan mengawal dan menjaga wilayah lautan kita. Disamping mind battle, tank yang akan ikut defile, disamping arteleri jarak sedang dan jarak jauh juga akan tampil.

 

Sumber : Setkab

 

Editor: Rio