Monas Bersiap Rayakan Hari Pariwisata Dunia
Credit by: Kemeriahan Monas (Ist)

Jakarta, PINews.com - Jangan salah, pariwisata juga punya hari yang dirayakan sedunia. Pemprov DKI Jakarta akan menyambutnya dengan Gebyar Budaya Hari Pariwisata Dunia 2014 di Taman Monas, Jakarta pada 27 September mendatang.

Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) ditetapkan oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO) dan dirayakan setiap tanggal 27 September. Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Gebyar Budaya yang menampilkan berbagai budaya Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

"Acara ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Jakarta sebagai pusat budaya Nusantara, destinasi pariwisata dan budaya utama di Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Arie Budiman (18/9).

Gebyar Budaya juga akan menjadi apresiasi terhadap keragaman seni budaya Nusantara sebagai kekayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan. Perayaan ini sengaja dilakukan untuk mendorong kesadaran masyarakat Internasional akan pentingnya pariwisata sebagai bagian dari pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya yang berkelanjutan.

"Kita ingin meningkatkan promosi keragaman event seni budaya Nusantara sebagai daya tarik pariwisata di Kota Jakarta," imbuh Arie.

Hari Pariwisata Dunia merupakan momentum penting untuk mengembangkan potensi pariwisata, khususnya Jakarta sebagai melting pot dan miniatur Indonesia. Tema Hari Pariwisata Dunia 2014 adalah Tourism and Community Development, maka event-event budaya yang ditampilkan di Jakarta melibatkan seluruh potensi masyarakat dan komunitas yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Editor: Rio