Pendidikan Sex Bagi Anak, Kuncinya di Orang Tua
Credit by: Ilustrasi

Yogyakarta, PINews.com – Masalah seks semakin hari menjadi topik dan permasalahan yang krusial. Banyak berbegai pelanggaran dibidang seks serta kekerasan yang dialamai, bahkan dialami anak-anak. Untuk itu pendidikan seks pada anak sangatlah penting untuk disampaikan.

Orang tua menjadi pihak yangbertanggung jawab menyampaikan pendidikan seks, sedangkan lembaga pendidikan dan lainnya merupakan unit pendukung, kata psikolog Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Ratri Sunar Astuti, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

"Dalam memberikan pendidikan seks pada anak, orang tua perlu memperhatikan rasa aman dan nyaman anak," katanya pada seminar Pendidikan Seksual Anak di Masa Sekolah Awal, di Yogyakarta.

menurut Ratri, orang tua juga harus bersikap tenang, tidak terkejut atau malu-malu ketika menjelaskan sesuatu, terlebih dengan masalah seks. Memberikan penjelasan sesuai usia anak, dan membatasi jawaban atau penjelasn hanya pada pertanyaan anak, tidak perlu melebar terlalu jauh.

Menurut dia, materi pendidikan seks perlu disampaikan dalam suasana hangat keluarga, memberikan informasi yang benar dan ilmiah, mengkomunikasikan dengan bahasa sederhana agar anak paham.

Orang tua juga harus menunjukkan sikap terbuka, siap berdiskusi dengan anak, mampu berkomunikasi dengan jelas. "Dalam perkembangan seksual, orang tua tidak perlu khawatir berlebihan, tetapi perlu mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan sensitif pada perubahan anak," kata Ratri.

Pakar Bimbingan Konseling Universitas Sanata Dharma (USD) Maria Margaretha Sri Hastuti mengatakan pendidikan seks yang diselenggarakan sekolah menjadi semakin penting.

"Hal itu seiring dengan cepatnya kematangan seksual anak, tetapi pendampingan orang tua secara intensif lemah dan mudahnya akses informasi melalui media internet," katanya.

Menurut dia, pendidikan seks dirancang untuk mendampingi anak memperoleh pemahaman yang tepat tentang perkembangan seksual dirinya serta perkembangan pribadi dan sosial.

"Pemahaman yang tepat tentang seks dan seksualitas akan menjadi kekuatan sekaligus benteng bagi anak dari usaha-usaha pelecehan dan kekerasan seksual," katanya.

Editor: Rio