PT Pertamina EP Kibarkan Merah Putih di Puncak Mahameru
Credit by: PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field diwakili oleh Imam Maulana (Legal and Relations) dan Fajar Firdaus (Operation Planning) dari Asset 5 Bunyu Field. (PEP)

Bunyu, PINews.com – PT Pertamina EP sukses menjejakan kakinya dan mengibarkan merah-putih di puncak tertinggi di pulau Jawa, uyakni puncak Mahameru, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Melalui salah satu daerah operasinya yakni Asset 5 Bunyu Field, anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) ini sukses mencatatkan nama sebagai satu-satunya unit perusahaan oil and gas yang mencapai puncak Mahameru pada ekspedisi pendakian Mahameru Summit Attack, pada 14-19 Agustus 2014. Ekspedisi ke puncak gunung tertinggi ke-4 di Indonesia ini berlangsung selama 5 hari pendakian guna mencapai ketinggian puncak Mahameru 3676 mdpl (meter di atas permukaan laut). Bahkan, menurut keterangan dari ranger Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, baru kali ini ada yang mengibarkan bendera perusahaan minyak dan gas di puncak Mahameru.

Ekspedisi Mahameru Summit Attack ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh insan media di Provinsi Kalimantan Utara dan sebagian Kalimantan Timur yang di inisiasi oleh Radar Tarakan, dimana PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field ikut berpartisipasi sebagai peserta. Dalam Ekpsedisi ini, PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field diwakili oleh Imam Maulana (Legal and Relations) dan Fajar Firdaus (Operation Planning) yang bergabung bersama 24 peserta yang terdiri dari unsure media, pemerintah daerah, LSM, serta masyarakat umum.

Pendakian menuju puncak Mahameru terbilang sulit dan menghabiskan banyak tenaga, sehingga dari 24 peserta yang ikut berpartisipasi, ada 3 peserta dari unsure masyarakat Kaltara yang gagal mencapai puncak karena mengalami cedera dan kelelahan. “Dengan track yang terjal, panjang dan suhu dingin mencapai minus 5 derajat celcius, para peserta banyak yang mengalami cedera, kelelahan, dehidrasi bahkan kedinginan” ujar Anthon Joy, ketua tim pendakian.

Berbekal logistic makanan yang terbatas dan didorong semangat kuat dan doa yang terus terucap selama pendakian, peserta perwakilan dari PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field dapat mencapai puncak pada 17 Agustus serta mengibarkan bendera merah putih bersama peserta lainnya yang mencapai puncak 3.676 mdpl dengan selamat.

Editor: Rio