Review Babak Pertama Turnamen Grand Slam AS Terbuka
Credit by: CiCi Bellis (Ist)

Jakarta, PINews.com - Turnamen Grand Slam AS Terbuka yang merupakan Grand Slam AS Terbuka di Flushing Meadow, New York, tahun ini menyuguhkan beberapa kejutan di babak pertama. Salah satunya Juara lima kali Roger Federer yang mampu melewati hadangan pertama. Namun legenda Swiss unggulan dua itu membutuhkan 2 jam 24 menit untuk menyingkirkan peringkat 76 asal Asutralia, Marinko Matosevic, tiga set , 6-3 6-4 7-6 (7-4).

Di tunggal perempuan, juara bertahan Serena Williams juga lolos ke babak kedua dengan mudah. Unggulan pertama itu tampil dominan, dan dalam 55 menit pertandingan tak seimbang itu ia mengalahkan sesama petenis Amerika hitam berusia 18 tahun, Taylor Townsend, 6-3 6-1.

Juara dan runner up Wimbledon, Petra Kvitova dan Eugenie Bouchard juga melaju dengan mudah. Kvitova menundukan petenis Prancis Kristina Mladenovic 6-1 6-0, sementara Bouchard mengalahkan petenis Bulgaria Olga Govortsova 6-2 6-1.

Petenis Serbia yang populer, Ana Ivanovic juga menang mudah, 6-3 6-0 atas petenis Amerika Alison Riske.

Sensasi babak pertama AS Terbuka 2014 ini dicetak CiCi Bellis. Petenis Amerika belia ini menciptakan kejutan besar dengan mengalahkann unggulan 16, Dominika Cibulkova.

Bellis, peringkat 1.208, mengalahkan peringkat 13 dunia dan finalis Australia Terbuka, Cibulkova dalam tiga set, 6-1 4-6 6-4. Gadis berusia 15 itu tampil di AS terbuka dengan wild card, setelah memenangkan kejuaraan nasional yunior putri AS.

Sebelumnya Cici Bellis tak pernah tampil di turnamen profesional senior WTA, lebih-lebih Grand Slam. Pengalamannya terbatas pada 12 pertandingan di kategori sirkuit ITF.

Catherine Cartan Bellis, nama lengkap CiCi, merasa terkejut sendiri.

"Saya masuk lapangan dengan pikiran, ini akan merupakan pengalaman hebat, tapi tak pernah membayangkan akan bisa menang!", katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (28/8).

Di babak kedua, Bellis akan menghadapi peringkat 48, Zarbia Dyas dari Kazakhstan.

Namun Bellis tak akan bisa mengambil hadiah uang karena lolos ke babak dua, sebesar $60.420 AS, atau sekitar Rp.600 juta, karena statusnya masih amatir.

"Saya tak memikirkannya. Saya hanya akan berfokus ke tenis, bukan yang lainnya", kata Bellis sambil menambahkan, akan tetap menjadi amatir sementara ini, "Agar bisa tetap melanjutkan sekolah, kalau-kalau saya cedera atau seseuatu terjadi. Betapapun, saya ingin menjadi profesional, suatu hari nanti".  

Editor: Rio Indrawan