3 Tempat Untuk Melihat Sunrise Dahsyat di Dieng
Credit by: Gunung Sikunir, Gunung Prau dan Pakuwaja (Ist)

Jakarta, PINews.com - Siapa tidak menenal dataran tinggi Dieng. Disana menyimpan kekayaan alam pegunungan yang sangat terkenal hingga penjuru dunia terutama dengan Golden Sunrisenya di Gunung Sikunir. Namun tidak hanya Bukit Sikunir saja ternyata spor untuk melihat Sunrise. Ada tempat lain yang menyimpan rahasia alam luar biasa indah yang patut untuk didatangi. Dari sekian banyak gunung - gunung di Dieng, berikut ini ada 3 gunung andalan di Dieng.


1. Gunung Prau
Tidak banyak yang tahu kalau selain memiliki Gunung Sindoro dan Sumbing, Wonosobo punya Gunung Prau dengan pemandangan serba cantik. Anda akan dibuat jatuh hati melihat Telaga Warna dari ketinggian, hamparan bunga dan bukit Telettubies.

Gunung Prau terletak pada ketinggian 2560 Mdpl,  masuk wilayah beberapa Kabupaten sekaligus yakni wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. 

Bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa wilayah Kabupaten memungkinkan gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa alternatif jalur pendakian. Lewat jalur utara, Anda bisa melalui Kabupaten Kendal, semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur utara kurang lebih memakan waktu 6 jam.

Hal istimewa lainnya dari Gunung Prau adalah hamparan padang bunga Chrysant yang cantik. Nikmati pula pemandangan bukit Teletubbies yang menawan dan megahnya Sumbing Dan Sindoro

2. Gunung Sikunir
Bagi yang pernah ke Dataran Tinggi DiengGunung Sikunir tentu sudah tidak asing. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 2.350 Mdpl ini sering didaki para wisatawan untuk melihat panorama Golden Sunrise Dieng yang mempesona. Dibawah gunung ini terdapat Telaga Cebongyang juga merupakan point awal pendakian menuju puncak.

Jarak tempuh menuju puncak memakan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam. Meski jalur pendakian tidak terlalu sulit, disarankan bagi para wisatawan agar ditemani oleh pemandu lokal apalagi jika mendaki dipagi buta mengingat di kanan - kiri jalur pendakian lumayan curam.

Dari puncak Sikunir ini, selain bisa melihat Sunrise Anda juga bisa melihat pemandangan lima gunung sekaligus, yaitu: Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kembang, dan Gunung Prau.

Perlu diingat karena ketinggian Gunung Sikunir 2.300 Mdpl membuat udara tipis, sehingga akan membuat napas kita tersengal saat mendaki. Jadi saat Anda mendaki cobalah untuk bisa mengatur pernapasan melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut secara teratur. 

3. Gunung Pakuwaja
Jika ingin melihat panorama Dieng dengan sudut pandang yang berbeda, datanglah ke gunung ini. Terletak di selatan Gunung Sikunir, gunung di ketinggian kurang lebih 2413 M dpl ini memiliki jalur pendakian yang lebih mudah dengan jarak tempuh antara setengah hingga satu jam. Start dari desa Sembungan sepanjang perjalanan Anda akan melihat perladangan penduduk, rerumputan dan semakin naik Anda akan menjumpai batu Andesit berserakan. Yang unik dari Gunung Pakuwaja adalah di puncaknya Anda bisa melihat batu besar menjulang berbentuk serupa Menhir. Menurut mitos yang beredar, batu tersebut adalah Pakunya Jawa

Dari Puncak Gunung Pakuwaja anda bisa melihat lanskap Dataran Tinggi Dieng dengan lebih leluasa. Kawasan wisata Telaga WarnaKawah SikidangKomplek Candi Dieng. tampak berbeda dilihat dari sudut Pakuwaja. Pemandangan Sunrise di Pakuwaja juga tidak kalah menarik dari penampakan sunrise di Sikunir.

 

Sumber : Belantara Indonesia

Editor: Rio Indrawan