Tokoh Papua : Belanda Bentuk OPM dan Buat Rakyat Papua Hidup di Zaman Batu
Credit by: Ilustrasi masyarakat Papua (Ist)

Jakarta, PINews.com - Selama ini keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia terusik oleh keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang terus menuntut memisahkan diri dari pangkuan Ibu Pertiwi. Akan tetapi tahukah anda siapa sebenarnya para pendiri OPM?

Ternyata para pendiri OPM tidak lain dan tidak bukan adalah musuh lama bangsa Indonesia yang sudah menjajah Indonesia selama lebih dari tiga setengah abad. Dilansir kantor berita Antara, tokoh masyarakat Papua Nicolaas Jouwe mengungkapkan bahwa OPM dibentuk oleh serdadu atau opsir Belanda pada tahun 1965. Tujuannya adalah untuk memusuhi dan mengganggu keamanan wilayah NKRI.

"Saya adalah ketua National Liberation Council of West Papua (Dewan Pembebasan Nasional Papua Barat). Saya bukan OPM. OPM itu justru didirikan opsir-opsir Belanda pada 1965 bersamaan dengan pecahnya G-30 S PKI” katanya di Jakarta (12/5).

Nicolaas juga menjelaskan salah satu faktor yang menjadikan masyarakat Papua hingga kini tetap  dalam kondisi tertinggal. Menueutnya kondsisi sekarang Papua tidak lepas dari akibat perbuatan Belanda yang mengisolasi Papua. "Selama 117 tahun itu, kami (rakyat Papua) praktis hidup di zaman batu," katanya.

Ia juga menilai, akibat dari perlakuan Belanda tersebut, meskipun akhirnya Papua bergabung dengan NKRI pada 1963, sejak saat itu masyarakat Papua harus berjuang membiasakan diri hidup sebagai warga Indoensia, bahkan hingga saat ini.

Editor: Rio Indrawan