PMS Mengganggu Aktivitas ? Ini Tips Untuk Kurangi Dampaknya
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Wanita kerap murung, merasa sakit pada bagian punggung, kembung, emosian, dan merasakan hal-hal tidak nyaman lainnya ketika `tamu bulanan` menghampirinya. Bahkan pada masa seperti itu biasanya ada mendapatkan complain dari orang-orang disekitar anda karena berpengaruh pada tingkat emosi anda.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa nutrisi dan aktivitas fisik selama PMS memberikan  peran yang cukup besar untuk meminimalisir gejala yang ada. Untuk membantu para wanita terhindar dari gejala-gejala seperti itu selama PMS, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti yang ditulis Kate Hanley dalam buku `The 28 Days Lighter Diet` 

Dalam buku itu disebutkan ada beberapa studi terbaru yang menemukan bahwa gejala PMS secara konsisten ditemukan pada wanita yang kekurangan magnesium dan kalsium. Peningkatan cadangan mineral ini dapat tubuh, mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan gejela-gejala tidak mengenakan lainnya selama PMS.

Oleh karena itu, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kacang mete, cokelat, dan jenis makanan lainnya. Usahakan untuk memenuhi kalsium sebanyak 400 mg/ harinya.

Para ahli mengatakan bahwa kalsium mampu meringankan gejala emosional selama PMS berlangsung, yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tidak depresi. Selain itu, kalsium juga terkait dengan terjadinya kenaikan berat badan. Jadi, jika Anda memiliki kecukupan kalsium selama PMS, maka kemungkinan untuk terhindar dari kenaikan berat badan akan mudah dicapai.

Dikutip dari laman Fox News , ternyata aktivitas fisik ternyata juga dapat mengurangi retensi air dan olahraga yang merupakan anti-depresan alami.

Lakukanlah jalan kaki selama 45 menit, lalu naik menjadi dua jam. Lalu, pilihlah olahraga bersepeda dan menari setidaknya 30 menit setiap hari.

Editor: Rio Indrawan