Waspadai Potensi Bencana Gempa Bumi......
Credit by: ilmupengetahuan.org

Bandung, PINews.com –  Sejumlah daerah akhir-akhir ini dilaporkan dilanda gempa bumi. Terakhir, gempa bumi yang berlangsung beberapa detik mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin sekitar pukul 05.00 WIB.

Guncangan gempa tersebut cukup dirasakan kuat oleh sejumlah warga di kawasan pinggiran kota di Kabupaten Garut. Seorang warga, Kusuma mengatakan, guncangan gempa dirasakan kuat selama beberapa detik.

Ia menyampaikan, guncangan gempa tersebut sempat membuat panik dan membangunkan orang di dalam rumah. "Setelah saya salat subuh, lalu lihat barang di lemari bergoyang, saya langsung bilang ada gempa," kata Kusuma, seperti dikutip Antaranews.com.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa terjadi di 61 KM Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kekuatan 5.0 skala richter pukul 05.06 WIB, dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa tektonik dengan kekuatan 4,1 skala Richter juga mengguncang Kabupaten Padang lawas Utara, provinsi Sumatera Utara, Sabtu, pukul 08.41 WIB.

Kabid Data dan Imformasi BBMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan di Medan, Sabtu, mengatakan, dari posisi episenter, gempa itu berada pada koordinat 1,53 derajat lintang utara dan 99,54 derajat bujur timur.

Sedangkan secara geografis posisinya berada di kawasan Aek Godang atau pada jarak 11 km arah barat daya dari Padang Lawas Utara dengan kedalaman 20 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di kawasan Aekgodang dan sekitarnya dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (III-IV MMI). Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa tersebut berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Segmen Angkola dengan karakteristik sinyal berupa gempa tektonik.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mencatat gempa berkekuatan 3,8 skala Richter mengguncang Kabupaten Jayapura pada Rabu sekitar pukul 11.46 WIT.

Gempa tersebut berlokasi di 2,62 Lintang Selatan dan 140,37 Bujur Timur atau 22 kilometer barat daya Kabupaten Jayapura, pada kedalaman 36 kilometer. Gempa ini cukup terasa di Kabupaten Jayapura dan daerah sekitarnya.

Editor: HAR