Tambang Emas Martabe Salurkan Martabe Prestasi
Credit by: dok.martabe

Batangtoru, PINews.com - PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe kembali membuktikan komitmennya terhadap peningkatan akses dan kualitas pendidikan para pelajar di desa lingkar tambang. Perusahaan menyelenggarakan Pentas Seni Taman Baca Anak 2017 dan pemberian bantuan pendidikan Martabe Prestasi kepada total 130 pelajar dari Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

General Manager Operations Agincourt Resources Ed Cooney menyebutkan program pemberian bantuan pendidikan melalui Martabe Prestasi merupakan program pengembangan masyarakat terbaru pada bidang pendidikan tahun ini.

"Martabe Prestasi kami berikan untuk meningkatkan akses pendidikan bagi para pelajar berprestasi yang berasal dari keluarga pra sejahtera di wilayah sekitar tambang. Kami ingin para pelajar terus mampu mencapai pendidikan yang lebih tinggi," ucap Ed Cooney di sela-sela Martabe Prestasi Scholarship Awarding Ceremony, Senin  (7/8).

Total dana yang diberikan oleh Tambang Emas Martabe kepada 130 pelajar tersebut sebesar Rp257 juta. Untuk kategori penghargaan prestasi akademik, penerima berjumlah 90 orang yang terdiri dari 58 orang pelajar SD/sederajat dan 32 orang pelajar SMP/sederajat. Sementara itu, untuk kategori penghargaan prestasi berkelanjutan (beasiswa) penerima berjumlah 40 orang, terdiri dari 24 orang pelajar SMA/sederajat, 10 orang mahasiswa Diploma/S1 di Tapanuli bagian Selatan, dan enam orang mahasiswa Diploma/S1 yang mengenyam pendidikan di luar Tabagsel.

Pelajar penerima penghargaan prestasi akademis mendapatkan manfaat berupa bantuan perlengkapan sekolah dengan nilai maksimal Rp500 ribu bagi pelajar SD/sederajat dan Rp750 ribu  bagi pelajar SMP/sederajat. Untuk penerima penghargaan prestasi berkelanjutan, yakni mendapatkan tunjangan uang sekolah/kuliah dan biaya hidup dengan total Rp3 juta per tahun bagi siswa SMA/sederajat hingga kelas XII.

 Bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan swasta di Tabagsel hingga semester 6 dan mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri dan swasta di Tabagsel hingga semester 8, masing-masing mendapatkan Rp6 juta per tahun. Sementara itu, bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri hingga semester 6 dan mahasiswa S1 PTN/PTS hingga semester 8, di luar Tabagsel, mendapatkan Rp12 jutaper tahun.

"Bantuan peralatan pendidikan untuk total 90 orang pelajar SD dan SMP akan kami berikan pada hari ini, sementara bantuan pendidikan prestasi berkelanjutan untuk 40 orang siswa dan mahasiswa akan kami berikan langsung ke rekening bank masing-masing dalam dua tahap atau per semester. Tak hanya bantuan dana pendidikan, kami juga memiliki program magang bagi mahasiswa dan program pengabdian masyarakat melalui perkumpulan penerima beasiswa Martabe Prestasi," tambah Ed Cooney.

Pendaftaran kategori penghargaan prestasi berkelanjutan (beasiswa) Martabe Prestasi telah dimulai sejak 18 Maret-18 Mei 2017, sementara untuk kategori prestasi akademis sejak 8 Mei-8 Juni 2017. Pengumuman hasil seleksi penerima Martabe Prestasi dilaksanakan pada 10 Juli 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan Ahmad Ibrahim Lubis berterima kasih dan mengapresiasi Tambang Emas Martabe yang telah memberikan kesempatan bagi banyak pelajar untuk mendapatkan kemudahan untuk pendidikan mereka. “Harapan saya ke depan, bagi penerima beasiswa jangan merasa bangga. Jaga terus prestasi kalian. Jangan sampai menurun. Kalau menurun, kalian bisa tidak bisa mendapatkan beasiswa lagi. Terima kasih kepada Tambang Emas Martabe dengan program Martabe Prestasi-nya,” katanya.

Sebelumnya, sebagai bentuk komitmen kuat Tambang Emas Martabe terhadap pendidikan anak-anak, diselenggarakan pula Pentas Seni Taman Baca Anak 2017 pada Minggu, 6 Agustus 2017. Acara ini merupakan wadah bagi anak-anak Taman Baca binaan Tambang Emas Martabe untuk menampilkan berbagai tari tradisional yang telah mereka latih selama 1 tahun belakangan di TBA masing-masing.

Senior Manager Community Relations and Development Agincourt Resources Pramana Triwahjudi mengatakan saat ini terdapat 14 TBA binaan di 14 desa lingkar tambang yang telah dikelola oleh para relawan dari masing-masing desa. Pentas Seni merupakan agenda rutin tahunan TBA sejak 2014, sekaligus menjadi acara puncak berbagai kompetisi antar TBA.

Beberapa tari tradisional yang akan ditampilkan yakni Tari Tak Tontong dari Minang, Manggore Dahat Mandurung, dan Tari Manduda (Simalungun). "Anak-anak di setiap TBA mendapatkan arahan dari pelatih tari dari Padang Sidempuan. Selain penampilan tari tradisonal, sebelumnya juga ada berbagai lomba seperti lomba mendongeng, mewarnai, menyanyi, cerdas cermat, dan kreasi bahan bekas. Seluruh lomba berdasarkan kelompok umur anak-anak. Tak hanya itu, kami juga memberikan penghargaan kepada Pengelola TBA Terbaik dan TBA terbaik, serta pemilihan Duta TBA 2017," tutur Pramana.

Dia menambahkan keberadaan TBA selama ini berhasil meningkatkan minat baca anak-anak, mengembangkan kreativitas dan keterampilan hingga menjadi wadah pelestarian seni dan budaya. TBA pertama yang didirikan oleh Tambang Emas Martabe yakni TBA Napa pada Februari 2009. Pendirian TBA merupakan bentuk kerjasama dan sinergi program yang erat antara Tambang Emas Martabe dengan pemerintah desa/kelurahan.

 "Tambang Emas Martabe sangat peduli terhadap bidang pendidikan. Selain pendirian TBA dan Martabe Prestasi, kami juga terus berusaha membantu memperbaiki infrastruktur dan fasilitas pendidikan, peningkatan kapasitas tenaga pengajar melalui pelatihan guru, serta berkolaborasi pada program-program kesehatan di lembaga pendidikan seperti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah,"  katanya.

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak.

Pada Maret 2016, perusahaan konsorsium pertambangan yang dipimpin oleh EMR Capital, spesialis dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia, resmi menjadi pemegang saham utama PT Agincourt Resources. Kepemilikan saham Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara (Pemda) tidak mengalami perubahan. Lebih dari 2.000 orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, 70% direkrut dari masyarakat di sekitar tambang dan wilayah terdekat lainnya.

Editor: HAR