Ditahan Southampton, Manchester United Berakhir di Posisi Enam
Credit by: www.premierleague.com

Southampton, PINews.com  - Manchester United (MU) dipastikan mengakhiri musim kompetisi 2017 di peringkat enam klasemen Liga Utama Inggris setelah hanya bermain imbang 0-0 melawan Southampton pada pertandingan pekan ke-37 di Stadion St Mary, Kamis waktu Indonesia.

Manchester United tidak mampu finis di peringkat empat besar karena hanya mengumpulkan 66 poin, selisih enam poin dari Arsenal di peringkat lima dan tertinggal tujuh poin dari Liverpool di peringkat empat dalam satu pertandingan tersisa. 

Adapun Southampton berada di posisi delapan dengan 46 poin. Pada pertandingan terakhir, Southampton akan berebut posisi delapan dengan West Brom, Bournemouth dan Leicester.

Sebelum pertandingan ini, pelatih Jose Mourinho memang mengisyaratkan bahwa timnya tidak akan meraih posisi Liga Champions sehingga memilih fokus pada final Liga Europa melawan Ajax di Friends Arena, Stokholm, Swedia, pada 24 Mei 2017.

Namun dalam laga ini, Mourinho tetap menurunkan sejumlah pemain andalan MU antara lain Juan Mata, Wayne Rooney, Henrikh Mkhitaryan dan Maruane Fellaini. Kendati tidak diperkuat David de Gea, barisan pertahanan MU cukup solid dengan hadirya Eric Bailly, Phil Jones dan Chris Smalling.

Kiper cadangan MU, Sergio Romero, menunjukkan kebolehannya dengan menghentikan sepakan penalti Manolo Gabbiadini saat pertandingan baru menginjak menit ke-6. Penalti itu diberikan wasit atas pelanggaran Baiily.

Absennya Zlatan Ibrahimovic membuat MU minim menciptakan peluang pada babak pertama karena Anthony Martial yang ditunjuk sebagai striker utama tidak menghasilkan satu pun peluang matang.

Pada awal babak kedua, Romero menjaga gawang MU tetap bersih setelah menepis peluang Southampton yang tercipta dari tendangan bebas Dusan Tadic. Romero kembali mengamankan gawang MU dari serangan Oriol Romeu dan Ward-Prowse pada menit 56 dan 60.

MU pun gagal memaksimalkan peluang saat Juan Mata gagal mengubah umpan Rooney menjadi gol pada menit 67. Situasi mungkin akan berbeda jika Rooney memberikan bola pada Mkhitaryan yang berdiri lebih bebas.

Jay Rodriguez nyaris membobol gawang MU pada menit 81, namun sepakan penyerang pengganti Gabbiadini itu meleset tipis dari gawang MU. Peluang itu menjadi yang terakhir pada pertandingan yang berkahir dengan hasil imbang 0-0. Demikian Premier League.

Susunan pemain:

Southampton (4-3-3):
 Forster; Cedric, Stephens, Yoshida, Targett; Ward-Prowse, Romeu, Davis; Redmond, Tadic, Gabbiadini.
Cadangan: Clasie, Rodriguez, Austin, Caceres, Boufal, Pied, Hassen.

MU (4-2-3-1): 
Romero; Bailly, Smalling, Jones, Darmian; Fellaini, Tuanzebe; Mkhitaryan, Mata, Rooney; Martial.
Cadangan: Lingard, Carrick, Rashford, Herrera, Mitchell, McTominay, Pereira.

Editor: HAR