Traveloka Sediakan Layanan Pemesanan Tiket Kereta Api
Credit by: internet

Jakarta, IPNews.com -  Traveloka bekerja sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan pemesanan tiket kereta api untuk berbagai rute di Pulau Jawa dan Sumatera. 

"Dengan tiket kereta, melengkapi Traveloka sebagai one stop booking service. Harapannya, dapat mempermudah pesan tiket, tidak perlu antre di loket dan dapat e-tiket instan," kata Wakil Direktur Senior Pengembangan Bisnis Traveloka, Caesar Indra, saat jumpa pers peluncuran layanan tersebut di Jakarta, Rabu. 

Traveloka memberikan layanan pemesanan tiket pesawat untuk rute domestik dan internasional, hotel dalam dan luar negeri serta pemesanan tiket atraksi wisata. 

Untuk pemesanan tiket kereta, Traveloka mengandalkan pencarian dengan nama kota asal dan tujuan, tidak hanya nama stasiun, untuk mempermudah pengguna yang tidak tahu nama stasiun. 

Sama seperti pembelian tiket pesawat, pengguna akan mendapat notifikasi melalui surat elektronik dan SMS setelah memesan ditambah barcode. 

Pengguna tidak perlu mencetak tiket, cukup masukan kode pemesanan atau memindai barcode di aplikasi saat berada di mesin pencetak boarding pass mandiri di stasiun asal. Menurut Caesar, tiket perjalanan di Traveloka tersedia untuk semua kelas. 

Wakil Direktur Eksekutif Penumpang dan Penjualan Tiket PT KAI, Mukti Jauhari, menyatakan tahun lalu, 60 persen penjualan tiket kereta berasal dari agen eksternal. 

Layanan Traveloka untuk memesan tiket kereta sudah tersedia sejak Januari 2017 dan selama sebulan, menurut Mukti, Traveloka menyumbang 9-10 persen transaksi per hari dari total transaksi. Memanfaatkan pembelian tiket secara online akan membantu pembeli untuk menghemat waktu dan tidak perlu mengantre. 

"Ingin memberdayakan masyarakat efisien dalam memanfaatkan waktu. Pengurangan transaksi tunai, kami punya program cashless," kata Mukti. 

Editor: HAR