Waspada…! Sumsel Berpotensi Terkena Dampak Sirkulasi Siklonik
Credit by: ilustrasi

Palembang,PINews- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar sejumlah daerah yang akan terkena dampak sirkulasi siklonik. Peringatan sendiri berlaku selama dua hari kedepan.

Sirkulasi siklonik merupakan sirkulasi atau pusaran angin dimana massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentuk awan akan bergerak ke arah sirkulasi tersebut.

Daerah yg berada di sekitar sirkulasi tersebut memiliki potensi pertumbuhan awan yang cukup signifikan. Sehingga perlu diwaspadai akan potensi terjadinya cuaca ekstrim di daerah sekitar sirkulasi siklonik.

"Posisi sirkulasi terdapat di sebelah sebelah barat Pulau Sumatera, termasuk wilayah Sumsel," seperti yang ditulis dirilis berdasarkan info dari prakirawan BMKG Stamet SMB II Palembang, Sabtu kemarin.

Oleh karena itu perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang sesaat dan petir kilat yang dapat terjadi, terutama pada sore hari hingga malam hari.

Akibat dari hujan sedang hingga lebat perlu diwaspadai di daerah yang berada di sekitar sungai akan luapan sungai yang bisa menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor untuk daerah dataran ringgi.

Editor: iw