Calon Penerima Piala Oscar Didesak Tidak Terima Hadiah Jalan-Jalan Ke Israel
Credit by: Piala Oscar (Ist)

jakarta, PINews.com - Para selebriti nomine penerima Oscar didesak melewatkan hadiah perjalanan ke Israel senilai 55 ribu dolar AS yang ditawarkan sebagai bagian dari bingkisan ajang penghargaan tersebut.

Dua kelompok berbasis di Amerika Serikat yang berkampanye untuk mengakhiri pendudukan Israel atas wilayah Palestina menyatakan tuntutannya dalam sebuah iklan sehalaman penuh di Los Angeles Times yang muncul selama lima hari menjelang acara Academy Awards pada Minggu (28/2).

"#SkipTheTrip. Don't endorse Israeli apartheid" (#LewatkanPerjalanannya. Jangan dukung apartheid Israel), demikian iklan yang disponsori oleh U.S. Campaign to End the Israeli Occupation (Kampanye AS untuk Mengakhiri Pendudukan Israel) dan Jewish Voice for Peace (Suara Yahudi untuk Perdamaian).

Iklan tersebut menyatakan hadiah perjalanan, yang sebagian dibayari oleh pemerintah Israel, merupakan bagian dari strategi pencitraan lebih besar "Brand Israel" untuk mengalihkan perhatian dunia dari hampir 50 tahun pendudukan ilegal Israel di tanah Palestina.

"Sebagaimana kasus di Afrika Selatan bertahun-tahun lalu, para selebriti diminta menahan diri dari kebijakan-kebijakan apartheid untuk menutupi kebenaran," kata Yousef Munayyer, direktur eksekutif Kampanye AS untuk Mengakhiri Pendudukan Israel dalam pernyataan pada Rabu (24/2).

Perjalanan itu adalah salah satu hadiah termahal dalam kantung bingkisan yang diberikan kepada lima sutradara nomine Oscar serta 20 aktor dan aktris nomine penerima penghargaan kategori pemeran utama dan pendukung terbaik seperti Leonardo DiCaprio, Sylvester Stallone, Mark Rylance, Cate Blanchett,Jennifer Lawrence, Matt Damon dan Kate Winslet.

Editor: Indra