Ini Kisah Penyelamatan 25 Nelayan Oleh Kapal Pengangkut Solar Pertamina
Credit by: Ilustrasi kapal tanker Pertamina (Ist)

Jakarta, PINews.com - Sebuah kapal nelayan tenggelam secara perlahan di perairan Belawan beberapa hari lalu (8/1). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas tersebut. seluruh nelayan yang berjumlah 25 orang selamat setelah kapal MT John Caine, sebuah kapal pengangkut solar yang disewa Pertamina dan sedang melintas di sekitar perairan tenggelamnya kapal nelayan datang mengevakuasi para nelayan.

Kisah mengahrukan dalam upaya penyelamatan para nelayan berhasil didapatkan portalindonesianews.com langsung dari kapten kapal MT John Caine, Muhammad Irwan.

Irwan mengisahkan saat pukul 20.00 pada Jumat (8/1), kapal penangkap ikan kapal motor (KM) Sri Makmur yang bergerak ke arah kapal dari depan. Terus mendekat dan mendekat.  Jarak dari daratan sekitar 7 mil.

“Setelah sudah agak rapat jaraknya, para nelayan di KM Sri Makmur berteriak meminta tolong. Rupanya, lambung kapal bocor. Airnya sudah masuk ke kapalnya. Akibatnya kapal pengangkut 25 nelayan tersebut kehilangan kendali.  Para awak KM Sri Makmur berupaya untuk membuang air keluar tidak membuahkan hasil. Lalu kami juga segera membantu mereka naik ke atas MT John Caine” cerita Irwan.

Irwan menambahkan KM Sri Makmur dengan kapasitasnya sekitar 30 ton dengan panjang 19 meter yang sudah mulai dipenuhi air digiring ke belakang MT John Caine sehingga saat tenggelam tidak sampai mengganggu MT John Caine. 

Lebih lanjut Irwan bercerita bahwa sebenarnya malam itu tidak hujan dan tidak ada gelombang yang tinggi tetapi arusnya sangat kuat sehingga secara perlahan kapal motor tersebut secara perlaham mulai menjauh dari kami. Dalam beberapa jam masih terlihat ada lampu kelap kelipnya.

“Dari kejauhan saya masih melihat ada lampu yang masih menyala sampai pukul 21.30. Pada pukul 22.00 WIB pun masih kelihatan. Tetapi setelah itu tidak lagi kelihatan apakah karena lampunya mati atau karena sudah tenggelam. Karena suasanya malam, memang cerah tetapi arusnya kuat” tutur pria yang sudah lima tahun ini menjadi kepten kapal MT John Caine.

Sekitar pukul 23.30 WIB masih di hari yang sama kapal penangkap ikan yang memliki bendera sama dengan KM Sri Makmur datang menjemput para nelayan yang diselamatkan MT John Caine.

Saat ini Irwan bersama kapalnya sedang melakukan pembongkaran di Jety Belawan. “Proses pembongkarannya kurang lebih dua hari jadi sekitar Kamis (14/1) pagi kami sudah berangkat dari sini. Selama ini kami memang melayani Dumai- Belawan. Tetapi mungkin setelah ini kami akan bergerak ke tengah di Pulau Jawa atau di ke Sulawesi” papar Irwan. 

Sementar itu, Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menambahkan Kapal MT John Caine merupakan kapal sewa  Pertamina  untuk mengangkut solar sebanyak 21.000 KL dari  Dumai,  Provinsi Riau untuk Belawan. Pasokan BBM untuk Sumatera Bagian Utara dalam tiga hari terakhir naik sekitar 40%, bahkan peningkatan mencapai di atas 60% dari rata-rata pasokan normal di Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam.

Normal rata-rata pasokan untuk Sumbagut meliputi Premium 11.300 KL/ hari dan Solar 6.600 kl/hari. Adapun stok saat ini mencapai sekitar 121.000 KL untuk Premium dan 208.144 KL untuk Solar, yang berarti sangat aman.

Editor: RI