Kabut Asap Indonesia Dibahas Di Universitas Oxford Inggris
Credit by: Kabut asap di kota Palangkaraya (AFP)

Jakarta, PINews.com - Asap yang melanda sebagian daerah di tanah air menjadi perhatian dan pembahasan mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Kerajaan Inggris dalam forum diskusi yang bertema "Smart Green Development of Indonesia" yang diadakan di University of Oxford, akhir pekan lalu.

Berangkat dari kesadaran akan pentingnya hal tersebut, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Oxford mengadakan Oxford-Indonesia Forum (OXID) 2015, demikian Ketua PPI Oxford, Rahmat Mulyawan kepada Antara, Senin.

Forum berskala internasional mempertemukan kalangan akademisi dan praktisi dari Indonesia dan Oxford membahas mengenai pembangunan yang ramah lingkungan, salah satu penyebab kebakaran hutan yang melanda Indonesia saat ini adalah kurangnya kesadaran akan pembangunan yang ramah lingkungan. 

Acara yang dihadiri 100 peserta dari berbagai kota di Britania Raya juga disiarkan via live streaming bekerjasama dengan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) sehingga dapat menjangkau peserta dari Indonesia maupun di seluruh dunia.

Acara yang diadakan PPI Oxford bekerjasama dengan Bank Indonesia, British Council, dan CitiAsia dibuka Duta Besar Indonesia untuk Britania Raya dan Republik Irlandia, Dr Teuku Mohammad Hamzah Thayeb dan Samuel Leonardo Putra selaku Ketua OXID 2015. 

Salah seorang Keynote Speaker dari Indonesia, Direktur Indonesia Investment Promotion Centre London Nurul Ichwan MM menekankan demi tercapainya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan, diperlukan perubahan mindset masyarakat Indonesia untuk mencintai lingkungannya serta perkembangan teknologi yang memadai.

Terkait dengan hal itu, Farid Subkhan, CEO dari CitiAsia menjelaskan pentingnya konsep pembangunan daerah yang berbasis teknologi (smart city) dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

Kalangan akademisi dari University of Oxford, seperti Dr Tim Coles OBE, Dr Paul Jepson, Dr Mari Mulyani, dan Dr Thomas Thornton ikut memberikan presentasi tentang pengalaman dalam melakukan riset di Indonesia. 

Mereka menyatakan isu korupsi juga merupakan hal penting yang harus disingkirkan agar konservasi lingkungan dapat dilaksanakan.

Salah satu panelis dari Indonesia, Staf Ahli Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir Laksmi Dhewanti, menjelaskan kebijakan yang disiapkan Kementrian LHK untuk menghadapi tantangan perubahan iklim di masa depan. 

Ia menekankan betapa pentingnya peran pemuda Indonesia dalam pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, terutama dari sisi pembuatan regulasi yang sifatnya jangka panjang.

Editor: RI