Kolesterol Tinggi? Perbanyak Makan Ikan Untuk Menurunkannya
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Ketika divonis kolesterol naik, biasanya kita disibukkan dengan jenis makanan apa yang boleh atau tidak kita santap. Tapi tahukah anda bahwa saat kolesterol naik anda jangan sungkan memakan ikan, mengapa demikian?

Ikan sudah diketahui sebagai bahan makanan yang ampuh dalam mencegah kolesterol jahat Low Density Lipoprotein (LDL) naik.

Spesialis penyakit jantung dan kardiolog Dr. Djoko Maryono, DsPD, DsPJ, FIHA, FACC, mengatakan, masyarakat Jepang terbiasa mengonsumsi ikan sekitar 100 gram per hari. Inilah alasan, angka penderita kolesterol tinggi hanya tiga dari 1000 orang. 

"Angka penderita kolesterol tinggi di Indonesia sama dengan di Amerika Serikat, yakni 25 per 1000 orang pria," katanya seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Dr. Djoko menyayangkan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang kurang gemar memakan ikan, padahal sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. 

“Kenapa kita tidak makan ikan? Laut kita luas. Konsumsi ikan kita hanya 25 gram per hari, atau hanya satu telunjuk. Sementara Jepang 100 gram per hari," ujar Djoko. 

Editor: RI