Jambi Siaga Darurat Kebakaran Hutan Dan Lahan
Credit by: Ilustrasi petugas sedang berusaha memadamkan kebakaran hutan (Ist)

Jambi, PINews.com - Kabut asap lagi-lagi selimuti beberapa kota di provinsi Jambi. Status siaga darurat kebakaran hutan pun diterbitkan akibat terus meluasnya kebakaran yang setiap tahunnya pasti selalu terjadi di wilayah pulau Sumatera.

Penetapan siaga darurat Karhutla oleh Pemprov Jambi setelah adanya desakan dan komunikasi antara Pj Gubernur Jambi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dan juga Sestama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

"Iya, SK Jambi siaga darurat Karhutla sudah ditandatangani, segera kita sampaikan ke BNPB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Daerah Provinsi Jambi, Arief Munandar seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Dengan ditetapkannya status Jambi siaga darurat Karhutla, BNPB bakal mengirimkan peralatan dan anggaran untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Jambi yang mengakibatkan semakin pekatnya asap di Jambi.

"BNPB akan membantu, termasuk melakukan water bombing atau pemadaman dari udara. BNPB juga siap untuk melakukan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan. Dan jika dimungkinkan modifikasi cuaca bisa saja dilakukan," katanya.

Dengan penetapan status siaga darurat itu, Jambi bakal didukung anggaran dari pusat untuk operasional pemadaman Karhutla. Itu memang sangat dibutuhkan mengingat pemadaman Karhutla di Jambi selama ini terkendala baik dari segi peralatan, sumber daya manusia maupun pendanaan. Kondisi kabut asap di Jambi yang semakin pekat mengganggu penerbangan dari dan menuju ke Jambi. Selain itu asap mengakibatkan menurunnya kualitas udara di wilayah Kota Jambi

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi, Rosmeli menyebutkan, hasil pemantauan Indeks Status Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Jambi pada Kamis, menunjukkan angka 102 atau masuk kategori tidak sehat.

Hasil tersebut menurut Rosmeli dilihat dari pengecekan mobil pengukur ISPU yang saat ini ditempatkan di wilayah Kotabaru Kota Jambi.

Editor: RI