Dampak Letusan Gunung Kelud Hingga Australia
Credit by: Malioboro, Yogyakarta diselimuti debu vulkanik (twitter/@standar_miring)

Jakarta, PINews.com - Letusan Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis (13/2) tidak ternyata tidak hanya berimbas di daerah sekitar gunung namun hingga ke mancanegara.

Australia tidak ketinggalan terkena imbas meletusnya gunung yang terletak di perbatasan Blitar dan Kediri ini.

Seperti dilansir AAP, hujan abu vulkanik yang melanda jalur penerabangan dari Austrlia menuju pulau Bali, Christmas dan kepualuan Cocos. Akibatnya penerbangan ke pulau-pulau tersebut dibatalkan hingga kondisi cuaca kembali normal.

"Akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Kelud di Indonesia, jalur penerbangan penerbangan ke DPS (Denpasar) terhambat. Kami harus membatalkan semua layanan DPS hari ini," demikian pernyataan maskapai Virgin, tulis AAP, Jumat (14/2)

Dalam laporan tersebut disebutkan juga bahwa saat ini staf metereologi bekerja sama Volcanic Ash Advisory Centre di Darwin ikut memantau situasi dan kondisi di Kelud agar bisa memastikan kembalinya operasional penerbangan.

Sebelumnya tiga bandara sekaligus ditutup akibat letusan Gunung Kelud yakni Bandara Adisucipto Yogyakarta, Bandara Adisumarno Solo dan Bandara Juanda Surabaya.

Editor: Rio Indrawan