Kereta Api Di Pulau Kalimantan Dijanjikan Lebih ‘Oke’ Dibanding Kereta Jawa
Credit by: Kereta Api (Ist)

Palangkaraya, PINews.com - Kereta api identik dan biasa ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera. Tapi sebentar lagi jalu kendaraan pengankut anti macet itu bisa dirasakan masyakat pulau Kalimantan, bahkan kemampuan kereta di Kalimantan nantinya dijanjikan melebihi kereta di Pulau Jawa.

Kelebihan yang dijanjikan pada kereta Kalimantan nantinya adalah kemampuan kereta yang bisa melesat dengan kecepatan 200 Km per jam. Ini berbeda dengan rata-rata kecepatan kereta di pulau Jawa yang berkisar di 150 Km per jam.

Selain itu daya tariknya pun berbeda. Jika di jawa sebuah lokomotif mampu mengangkut 15 ton, maka pada kereta Kalimantan nantinya akan mempu menarik beban 25 atau 30 ton dalam satu gerbong.

Kelebihan yang dijanjikan ternyata bukan dari segi mesin kereta namun dari sarana pendukung yang ditunjang dengan kondisi alam di pulau Kalimantan.

"Kalau rel kereta api di Pulau Jawa kan berbelok-belok dan berbukit” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko di Jakarta (19/3).

Pemerintah melalui Kemenhub akan menggelontorkan RP 9 triliun untuk memulai tahap pembangunan jalur kereta api yang rencananya akan dimulai pada 2017.

"Kalau tidak ada halangan, dalam lima tahun ke depan rel kereta api lintas Kalimantan akan selesai dibangun," kata Hermanto.

Editor: RI