Ternyata Angin AC Bisa Timbulkan Bell’s Palsy Yang Menyebabkan Kematian
Credit by: Ilustrasi pemakaian AC (Ist)

Jakarta, PINews.com - Ada seseorang merasakan hidupnya sehat-sehat saja, tapi tiba-tiba disuatu pagi, ketika bangun tidur, mendadak dia merasa bahwa wajahnya tidak bisa bergerak sama sekali.

Dia pikir terkena stroke ringan, tapi setelah diperiksa gula darah, kolesterol, & tekanan darah semuanya normal. Setelah didiagnosa lebih lanjut ternyata dia terkena serangan  Bell's Palsy.

Bell’s Palsy adalah suatu gejala klinis penyakit mononeuropati (gangguan hanya pada satu syaraf) yang menyerang syaraf no.7 (syaraf fascialis). Inti dari syaraf 7 berada di batang otak dan berfungsi untuk mengatur otot pergerakan organ wajah antara lain di daerah mulut seperti meringis, bibir maju ke depan. Pada mata, syaraf ini juga mengatur pergerakan kelopak mata seperti memejamkan mata, pergerakan bola mata serta mengatur aliran air mata. Syaraf ini juga memiliki serabut yang menuju ke kelenjar ludah dan juga pendengaran.

Dihimpun dari berbagai sumber, pada kasus Bell’s Palsy, gangguan pada syaraf ini mengakibatkan tidak dapat mengatur impuls motorik kepada otot karena tersumbat akibat pembengkakan. Akibatnya otot-otot pada organ yang langsung berhubungan dengan syaraf  tersebut menjadi tidak berfungsi dan organ pun menjadi lumpuh.

Penyebabnya adalah angin dingin, yang secara tidak sadar sering mengarahkan AC di kantor atau di mobil ke arah badan dan wajahnya.

Oleh karena itu mulai sekarang disarankan lindungi leher anda dengan syal dan jangan duduk di tempat yg terkena langsung angin AC.

Selain itu Bell's Palsy ini bisa juga menyebabkan angin duduk atau masuk angin ke jantung (akibat lainnya bisa mendadak meninggal) atau terkena paru-paru basah.

Editor: RI