Musim Hujan Datang, Waspada DBD Dengan Cara Ini
Credit by: Fogging seringkali dijadikan cara untuk berantas wabah DBD (Ist)

Jakarta, PINews.com - Musim Hujan, pergantian musim, dan kondisi musim yang tidak menentu menjadi rawan dengan kehadiran penyakit, seperti yang sedang terjadi sekarang ini. penyakit yang lahir tidak main-main karenajka tidak dicegah akibatnya cukup parah dan dapat menhyebabkan kematian, adalah demam berdarah atau juga dikenal dengan nama panjang Demam Berdarah Danggue (DBD) yang kerap kali menjadi ancaman serius dalam musim seperti sekarang.

Untuk mengatasi masalah penyakit demam berdarah di Indonesia telah puluhan tahun dilakukan berbagai upaya pemberantasan seperti melaukan pengasapan atau fogging, tetapi hasilnya belum optimal. Kejadian luar biasa (KLB) masih sering terjadi, secara teoritis ada empat cara untuk memutuskan rantai penularan DBD ialah melenyapkan virus, isolasi penderita, mencegah gigitan nyamuk (vektor) dan penggalian vektor. Untuk pengendalian vektor dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kimia dan pengelolaan lingkungan, salah satunya dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Anda mungkin sering mendengar tips ini, tapi tidak sedikit yang melupakannya. Untuk itu kami mencoba mengingatkan anda tentang cara terbaik untuk menghindari demam berdarah, diantaranya :

  • Menguras tempat-tempat penampungan air bak mandi WC, tempayan, ember, vas bunga, dsb minimal seminggu sekali.
  • Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.
  • Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
  • Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
  • Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dsb.

Meski cara pengobatan yang tepat belum ditemukan, namun demam berdarah sebenarnya adalah penyakit yang bergantung pada kondisi lingkungan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan mencegah nyamuk demam berdarah berkembang biak adalah cara yang tepat yang boisa dilakukan siapa saja.

Editor: RI