Doraemon Siap Jadi Ikon Olimpiade 2020 Jepang
Credit by: Ilustrasi (Ist)

Jakarta, PINews.com - Selama bertahun-tahun kelucuan dan kepopuleran Doraemon bukan hanya telah menghibur masyarakat Jepang tapi juga dunia. Tak heran jika pemerintah Jepang nantinya akan mendapuk sang kucing ajaib sebagai ikon Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di negeri sakura itu. 

Sebelumnya Doraemon memang sudah lebih dulu menjadi brand ambassador untuk Jepang sejak tahun 2008. Hal itu dikatakan Director of Information and Culture Japan Embassy Kenichi Takeyama, saat ditemui di pembukaan Doraemon 100 Secret Gadget Expo yang dilangsungkan di Ancol Beach City Mall.

Takeyama bercerita bagaimana Doraemon sudah membekas diingatan banyak orang. “Beberapa waktu lalu saya berbicara dengan salah satu pejabat. Mereka bilang 'oh kartun Jepang saya ingatnya Oshin dan Doraemon,” Ujar Takeyama.

Adapun kabar bahwa Doraemon akan menjadi ikon Olimpiade muncul dai Manajer Marketing & License Animation International Indonesia Helena Irma. "Kita mendapatkan informasi dari pihak lisensi kita kalau di tahun 2020, Olimpiade akan diadakan di Jepang dan Doraemon menjadi brand ambassador," kata Helena menegaskan.

Melekatnya kenangan akan Doraemon juga membuat Doraemon dianggap berhasil merepresentasikan Jepang. "Doraemon juga menjadi anime pertama yang dijadikan brand ambassador oleh Jepang," Helena mengungkapkan.

Menurut Takeyama hal ini juga disebabkan Doraemon tidak hanya diperkenalkan di Jepang saja, tetapi juga di Asia Tenggara, Eropa, dan juga baru-baru ini Amerika. “Bahkan ketenaran Doraemon sudah melebihi artis-artis Jepang,” kata Helena. 

Editor: HM