Kini Warga Bandung Bayar Pajak Kendaraan Secara Online
Credit by: samsat online

Bandung,PINews.com - Polda Jawa Barat dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) telah meluncurkan e-Samsat di Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas, pada Sabtu (22/11). 

Melalui e-Samsat diharapkan bisa mempercepat layanan pembayaran pajak kendaraan kepada masyarakat. Peluncuran tersebut dihadiri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Yuddy Chrisnandi, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Kapolda Jabar M Iriawan, Wakakorlantas Polri Brigjen Sambudi Gusdian, Dirlantas Polda Jabar Kobes Pol Joko Rudi, perwakilan Bank bjb dan perwakilan PT Jasa Raharja. 

Kapolda Jabar M Iriawan mengatakan apresiasi serta kebanggannya dengan program yang pertama dicanangkan di Indonesia ini."Kita bangga saat ini bisa menjadi yang pertama untuk melayani pajak kendaraan secara online. Dan kita akan berikan surat edaran ke daerah-daerah (di Jabar) untuk ikut seperti ini," ujar Iriawan. 

Iriawan menyebut pelayanan e-Samsat ini banyak manfaat baik untuk kepolisian maupun Dispenda hingga masyarakat itu sendiri. "Manfaatnya memangkas birokrasi, tidak ada pungli, keamanan, kecepatan, dan tidak ada percaloan," jelasnya. 

Keberadaan e-Samsat turut membantu keberadaan drive thru, outlet dan samsat keliling yang sudah ada. "Ada drivethru tapi kan kadang antri sehingga jadi macet. Kita semakin percepat dengan adanya e-Samsat ini,"pungkasnya. 

 
Editor: RI