PT Pertamina EP Poleng Bantu Infrastruktur Kabupaten Bangkalan
Credit by: Penyerahan bantuan LED oleh PT Pertamina EP (pertamina-ep.com)

Bangkalan, PINews.com - Salah satu anak perusahaan Pertamina yakni PT Pertamina EP membantu pembangunan infrastruktur Kabupaten Bangkalan, Madura dengan menyumbang 498 unit lampu LED yang di peruntukan untuk fasilitas penerangan.

Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Asset 4 Assitant Manager Public Relation, Yuliani pada (10/11). Dilansir dari website pertamina-ep, bantuan LED diterima langsung oleh Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad.

Dalam kesempatan itu, Makmun menjelaskan bantuan dari PT Pertamina EP ini selain untuk menambah fasilitas Pemkab, ternyata juga sebagai wujud dalam rangka efisiensi energi.

“Lampu LED ini memiliki efisiensi energi mencapai 80 persen jika dibandingkan dengan lampu konvesional. Tentunya ini akan menghemat APBD kami dalam hal pengeluaran operasional PJU di Bangkalan,” terang Makmun.

Waktu hidup yang lama merupakan alasan nomor satu manfaat dari lampu LED. Lampu LED memiliki waktu hidup operasional yang luar biasa panjang hingga 100.000 jam.

Selain efisiensi energi, pemilihan PT Pertamina EP untuk menyerahkan bantuan LED juga dalam rangka pelestarian lingkungan. Lampu LED bebas dari bahan kimia beracun, sehingga lebih ramah lingkungan. Kebanyakan pencahayaan lampu neon konvensional mengandung bahan seperti misalnya merkuri yang berbahaya bagi lingkungan

Rencananya, ratusan lampu LED ini akan rampung dipasang di jalan-jalan Kabupaten Bangkalan pada Desember mendatang.

Editor: RI