Mau Tahu Asal Usul Nama Daerah Jagakarsa?

Penulis: ZK - Waktu: Kamis, 30 Oktober 2014 - 00:12 AM
Credit by: Cover buku 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe (Ist))
Jakarta, PINews.com - Jagakarsa merupakan satu kawasan di Jakarta Selatan yang mecakup di dalamnya 6 kelurahan. Kelurahan yang dimaksud adalah Kelurahan Serengseng Sawah, Jagakarsa, Lenteng Agung, Cipedak, Tanjung Barat, dan Ciganjur. Walaupun padat penduduknya, lingkungan tersebut masih hijau hingga sekarang karena banyak pepohonan yang terawat dengan baik.

Mengenai Jagakarsa itu dijelaskan oleh Zaenuddin HM, dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012. Menurutnya, nama Jagakarsa berasal dari nama seorang panglima perang Kerajaan Mataram Yogyakarta pada 1625, yakni Raden Bagus Jagakarsa Surobinangun.

Saat itu Raden Jagakarsa ikut berperang ke kota Batavia, dan menolak pulang ke Mataram karena takut kena hukuman penggal kepala. Lalu dia menikah dengan Putri Pajajaran yang berkedudukan di wilayah yang kini bernama Ragunan. Dari pernikahan tersebut lahir 2 anak yaitu Raden Mas Mohammad Kahfi dan Raden Mas Aria Kemang Yudhanegara.

Rupanya Raden Jagakarsa mempunyai silsilah atau keturunan yang tinggal dan menetap di daerah tersebut. Pada masa lampau namanya begitu kesohor, sehingga orang-orang menyebut kawasan itu daerah Jagakarsa dan hingga kini diabadikan menjadi nama tempat tesebut.

Editor: RI