Kilang Pertamina International Raih Delapan Penghargaan ISDA 2022

Penulis: Hermawan - Waktu: Jumat, 25 November 2022 - 10:33 AM

JAKARTA,PINews.com - PT Kilang Pertamina Internasional meraih delapan penghargaan dalam gelaran Indonesia SDGs Action Awards (ISDA). Salah satunya adalah Top Leadership on Corporate SDG’s 2022. ISDA merupakan forum penghargaan bagi seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan TPB/SDGs oleh Menteri PPN/Bappenas.

Gelaran ISDA Award 2022 diharapkan mampu menjadi salah satu instrumen bagi partisipan (perusahaan atau lembaga) dalam menilai kinerja sosialnya. Di lain pihak, bagi partisipan yang berhasil memperoleh penghargaan, dapat dipastikan bahwa hal tersebut benar-benar merupakan capaian (achievement) obyektif program CSR/CID yang dapat menjadi acuan sebagai tolok ukur (benchmark) untuk melakukan perbaikan bagi peserta lainnya.

Milla Suciyani, Pjs Corporate Secretary PT KPI, mengungkapkan
PT Kilang Pertamina Internasional berhasil meraih 8 penghargaan ( 7 kategori gold award dan 1 kategori silver award ) diantaranya PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai dengan program Pengembangan Kampung Minapolitan Berbasis Perikanan Tangkap dan Budidaya yang menghindari bahaya aktivitas nelayan non fishing ground, meningkatkan pendapatan nelayan, mendorong lebih banyak partisipsi masyarakat selaras dengan SDGs No,1,8,&12 (Kategori Gold Award).

Kemudian PT Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan dengan program Warga Siaga Sehat (WASIAT) program yang menumbuhkan kesadaran akan kesehatan yang mendukung SDGs No.3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera (Kategori Gold Award), PT Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan dengan program Pengembangan Taman Kehati dan Mangoes Center yang selaras dengan SDGs No.15 yaitu melindungi,merestorasi, dan meningkatkan ekosistem berkelanjutan serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati dengan program kehati & mangoes center (Kategori Gold).

"PT Kilang Pertamina Internasional RU II Sungai Pakning dengan program Pengembangan Pertanian Hortikultura di Lahan Gambut yang mendukung SDGs No.13 yaitu climate action dengan ikut mengurangi climate change dengan berinovasi mengurangi emisi dengan meningkatkan sistem pertanian dilahan gambut (Kategori Gold Award)," ungkap Milla (25/11).

PT Kilang Pertamina Internasional RU lll Plaju dengan program PATRA ACADEMY yang memberi ruang dan kesempatan untuk perempuan selaras dengan SDGs ke 5 yaitu kesetaraan gender (Kategori Gold Award), PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap dengan program Si Desi & Mas Kuter (Sistem Desalinasi Air & Masyarakatku Mandiri Melalui Tambak Polikultur Biofilter) yang selaras dengan SDGs No. 1 (Tanpa Kemiskinan), 6 (Air bersih dan sanitasi yang layak), No.7 (Energi bersih & terjangkau) & No.8 (Pekerjaan layak & pertumbuhan ekonomi) (Kategori Gold Award), PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim dengan program ( Klayas Bersih & Sehat ) yang menyediakan air bersih untuk masyarakat pedalaman selaras dengan SDGs No.7 (Energi Bersih & Terjangkau), 12 (Konsumsi & Produksi yang bertanggung jawab) , & No.14 yaitu Ekosistem Lautan (Kategori Gold Award), dan PT Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan dengan program Kampung inggris dan Pusat Kreativitas Lawe-Lawe yang sesuai dengan SDGs No.4 yaitu pendidikan berkualitas ( Kategori Silver Award ).

Gelar top leadership award diberikan karena telah mengikutsertakan lebih dari 7 program dengan nilai rata-rata diatas 71 yaitu 83.875 dari delapan program dan mayoritas berhasil mendapat gold award serta program yang diajukan mendukung seluruh pilar SDG’s.

Milla menjelaskan m elalui program-program yang telah dilakukan PT KPI terus berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pemenuhan tanggung jawab sosial perusahaan yang salah satu kontribusinya diakui melalui penghargaan yang diraih dalam ISDA 2022. Indonesian Sustainable Development Award (ISDA) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017, sebagai kelanjutan dari Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM Awards) yang dilaksanakan sejak tahun 2010, sebagai kegiatan tahunan (annual event) yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD).

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi Pelaku Bisnis (Perusahaan), Lembaga dan Organisasi atas kinerja ekselen dalam kontribusinya terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

ISDA memberikan apresiasi kepada dunia usaha dan lembaga/organisasi non pemerintah yang dinilai berperan aktif dan berkontribusi terhadap pencapaian SDGs, melalui aktivitas-aktivitas dalam pemenuhan tanggung jawab sosial organisasinya masing-masing, sesuai SNI ISO 26000: 2013.

Konsistensi program yang terus berkelanjutan dari Kilang Pertamina Internasional akan terus dilakukan dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Sebagai anggota dari United Nations Global Compact (UNGC), KPI memiliki concern dan komitmen keberlanjutan terhadap implementasi ESG untuk mendukung upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Salah satu strategi Perusahaan dalam rangka mengkomunikasikan komitmen keberlanjutannya adalah dengan berpartisipasi aktif dalam organisasi/forum/inisiatif keberlanjutan di skala global/internasional. KPI akan terus berpartisipasi aktif dalam kerja sama di berbagai bidang keberlanjutan di kancah global. PT Kilang Pertamina Internasional juga mendukung 10 prinsip dari UNGC yang juga sejalan dengan pembangunan berkelanjutan.

“Program-program berkelanjutan juga akan terus dilakukan diseluruh wilayah unit operasi PT Kilang Pertamina Internasional melalui aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target pembangunan berkelanjutan. “ujar Milla.

Editor: Alam