Pertagas Raih 4 Penghargaan Nusantara CSR Award 2021

Penulis: Alamsyah - Waktu: Kamis, 16 September 2021 - 08:58 AM

JAKARTA-PINews.com -Pertamina dan seluruh afiliasinya terus berupaya melaksanakan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Salah satu wujud keberhasilan program CSR tersebut ialah penghargaan yang diraih PT Pertamina Gas (Pertagas) pada ajang Nusantara CSR Awards 2021 di Hotel Indonesia Kempinksi pada Rabu (15/09). Pertagas selaku afiliasi Subholding Gas PT PGN Tbk berhasil meraih 4 penghargaan.

"Sukses tidaknya suatu program CSR terlihat dari perubahan yang dihasilkan program tersebut. Apabila mampu membawa dampak positif dan berkelanjutan, maka itulah arti sukses sebenarnya. Penghargaan atau award menjadi bonus apresiasi dan pengakuan atas program CSR yang kami jalankan, "  demikian disampaikan Elok Riani Ariza, Manager Communication, Relations & CSR Pertagas usai menerima penghargaan.

Empat penghargaan yang diraih yaitu kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas untuk program Kampoeng Batik Ecoprint di Kalimantan dan Kawat Cinta (Kelompok Wanita Tani Meraih Cita-Cita) di Jawa Barat, kategori Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah untuk program Pesona O Maggot di Sumatera Selatan, kategori Integrasi Program untuk Dampak Luas untuk program Daya Dari Hati di Jawa Timur dan kategori Pengembangan Desa Wisata untuk program Desa Wisata Edukasi Lembah Dewi Sri dan Taman Wisata Embung Senja di Sumatera Selatan.

Elok menambahkan, kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun, tidak menyurutkan langkah perusahaan dan mitra binaan untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan-tantangan yang muncul. “Kesulitan di era pandemi ini dirasakan juga oleh mitra binaan namun program CSR yang telah berjalan sekian tahun tidak boleh terhenti. Mengingat pandemi belum berakhir dalam waktu dekat, kami bersama mitra binaan melakukan inovasi untuk dapat beradaptasi dengan kondisi sekarang terutama di masa PPKM," ungkap Elok.

Salah satu mitra binaan Pertagas yang telah beradaptasi dan berinovasi di masa pandemi ialah Kampoeng Batik Ecoprint di Kalimantan. Terbatasnya mobilitas di masa PPKM mendorong mereka untuk optimalisasi pemasaran melalui kerjasama dengan aplikasi belanja online seperti shopee dan bukapalak. Kegiatan pendampingan UMKM untuk berjualan online juga dilaksanakan sehingga mitra binaan sudah bisa mandiri mengelola pemesanan dan menjangkau market yang lebih luas.

Selain sistem pemasaran, produk yang dijual pun beradaptasi dengan kebutuhan saat ini. Mitra binaan diarahkan untuk memproduksi barang-barang kebutuhan new normal seperti masker dan pakaian-pakaian rumah (homewear).

Di Sumatera Selatan, program Desa Wisata Edukasi Lembah Dewi Sri di Desa Sidomulyo turut beradaptasi di masa new normal. Sejalan dengan arahan pemerintah, dilakukan langkah-langkah adaptasi agar tempat wisata dapat tetap dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat diantaranya gratis 1 masker untuk setiap pembelian tiket masuk dan tersedia area pencucian tangan di sekitar desa wisata.

Hal ini sejalan dengan Nusantara CSR Award ke-12 yang mengusung tema merdeka dari Covid 19 dengan kolaborasi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memacu perusahaan dalam mencari inovasi, strategi dan inisiatif baru yang dapat diadopsi untuk mengatasi kebutuhan sosial di masyarakat.

Editor: