keyakinan Indra Sjafrie Membawa TImnas U-19 Berlaga di Piala Dunia

Penulis: Rio Indrawan - Waktu: Sabtu, 8 Maret 2014 - 09:11 AM
Credit by: Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafrie (Ist)

Jakarta, PINews.com - Keyakinan tinggi untuk berlaga di Piala Dunia ditunjukkan pelatih Timnas Garuda Jaya U-19 Indra Sjafrie. Menurutnya bermodalkan perencanaan yang baik dan optimisme tinggi serta kedisplinan dari pemain, dirinya yakin anak asuhnya akan mampu berlaga di gelaran Piala Dunia U-20. 

"Kami mampu mengalahkan Korea yang 12 kali juara Piala Asia. Kami juga punya program dan uji coba yang terencana. Maka ini soal keyakinan," ujar Indra Sjafrie usai menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta, Jumat (7/2).

Timnas U-19 sendiri telah usai menjalani tur di Nusantaranya di Pulau Jawa, dan hasil memuaskan didapatkan dengan tidak terkalahkannya Evan DImas dkk. Setelah tur Nusantara ke sepuluh kota di Indonesia, Indra akan memboyong tim besutannya untuk tur Timur Tengah dan Eropa, guna mengasah kemampuan dan kecerdasan tim.

"Tur Timur Tengah merupakan lanjutan dari tur Nusantara. Kalau tur Nusantara kami mencari komposisi alternatif pemain, sekarang kami tahu kalau ini tidak main, siapa yang harus menggantikan. Nah hasil ini akan kami bawa ke tur Timur Tengah, demikian pula untuk tur Eropa," ujar Indra.

Menurut Indra, program uji coba memiliki tiga level pertandingan, yaitu melawan musuh yang lebih ringan, sepadan dan lebih berat, dengan demikian, bisa dilihat bagaimana tim menghadapi lawan-lawan dari level masing-masing dan bagaimana mereka mencari solusinya.

"Kami merancang berbagai jenis uji coba. Pasti yang kami hadapi adalah tim yang lolos ke Piala Asia. Jadi, kami mau lihat sejauh mana kekuatan tim lawan yang lolos ke Piala Asia tersebut. Kalau mau hebat, kami harus lawan tim yang selama ini hebat juga," kata Indra.

Indra juga mengungkapkan bahwa dirinya tahu persis kekuatan tim asuhannya, sehingga mampu meyakinkan diri bahwa dengan program dan berbagai persiapan tersebut, kelak timnas bisa melenggang ke Piala Dunia.

"Kami dapat mengalahkan Korea Selatan. Apabila kami berhasil meraih empat kemenangan, maka untuk yang pertama kalinya kami akan lolos Piala Dunia. Kami optimistis, kami sudah melakukan sejumlah terobosan," pungkas Indra

Editor: Rio Indrawan