Siemens Dukung Indonesia Menuju Revolusi Indonesia Keempat

Penulis: ES - Waktu: Rabu, 11 Oktober 2017 - 21:38 PM
Credit by: Dok. Siemens

Jakarta, PINews.com - Indonesia punya tujuan memajukan sektor manufaktur nasional untuk memasuki revolusi industri keempat. Untuk mencapai hal tersebut perlu pendekatan dan kemampuan baru untuk membangun sistem produksi yang inovatif dan berkelanjutan. Tujuannya tidak lain meningkatkan daya saing Indonesia dalam rantai pasokan global.

Siemens merupakan mitra korporat untuk ajang Indonesia Operational Excellence Award 2017 yang diselenggarakan oleh salah satu Majalah.Acara ini bertujuan untuk memberi apresiasi kepada berbagai perusahan atas komitmennya pada perbaikan yang berkelanjutan dari proses bisnis mereka. Siemens menyebut pendekatan Industri 4.0 dengan sebutan “Digital Enterprise”. Dimana Siemens menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan spesifik industri manufaktur dan pengolahan. Solusinya, berupa gabungan bagian perencanaan dan operasi yang akan menciptakan konsep pengelolaan pabrik yang terpadu, yang mencakup seluruh siklus pabrik industri tersebut.

Jalan menuju Digital Enterprise ini terdiri dari empat elemen, mulai dari perangkat lunak (software), jaringan komunikasi industri (industrial communication network), sistem keamanan otomasi (security in automation), dan layanan industri bisnis secara spesifik (business-spesific industrial services).

Masing-masing elemen ini terdiri dari portofolio unik yang mempersiapkan pelanggan kami untuk memasuki Industri 4.0. Untuk membantu industri menguasai transformasi digital mereka, platform cloud yang bersifat terbuka dari Siemens, MindSphere yang merupakan inti dari sistem Siemens AG Communications  operasi IoT (Internet of Things) yang kuat dan memungkinkan perusahaan menghubungkan mesin dan infrastruktur fisik mereka ke dunia digital, serta memanfaatkan big data dari miliaran perangkat cerdas sehingga dunia bisnis bisa melakukan transformasi.

MindSphere membekali penggunanya untuk mengembangkan aplikasi dan layanan digital, menerapkannya, dan membuatnya tersedia bagi pengguna lain untuk memungkinkan layanan dan model bisnis baru.

“Melalui acara ini, Siemens ingin meningkatkan kesadaran dan mendukung industri nasional menuju transformasi digital. Indonesia adalah pasar yang bagus untuk mengembangkan inovasi IoT. Penerapan Industri 4.0 dapat membantu dalam mengintegrasikan dan mengoptimalkan kegiatan produksi pelanggan kami,” kata Stefanus Arif, Kepala Divisi Digital Factory PT Siemens Indonesia.

Dunia bisnis perlu berpikir tentang bagaimana berinteraksi dan memanfaatkan keahlian mereka untuk menawarkan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Digitalisasi siap berperan sebagai media untuk menghubungkan semua itu.

“Kami berharap kompetisi tahun ini dapat menginspirasi lebih banyak industri nasional untuk melakukan perbaikan terus-menerus dalam prosesnya. Kami ingin menyampaikan penghargaan kepada Siemens yang telah mendorong topik Industri 4.0 dan memberikan nilai tambah pada kompetisi tahun ini dengan mengundang para pemenang untuk kunjungan industri ke Hannover Fair 2018 dan pabrik Siemens di Jerman,” kata Reiko Nishio Yana Gita, Ketua penyelenggara.

 

Editor: ES