Luar Biasa, Forum Zakat Wilayah Sebut Potensi Zakat di Sumsel Capai Rp 2,3 Triliun

Penulis: irwan wahyudi - Waktu: Selasa, 7 Maret 2017 - 15:10 PM
Credit by: ilustrasi

Palembang,PINews- Forum Zakat Wilayah (Foz Wil) Sumatera Selatan menyebutkan potensi Sumsel sangat tinggi mencapai Rp 2,3 triliun, namun sebaliknya pencapaian penarikan hasil zakat hanya Rp 50 miliar atau hanya 2 persen.

Hal ini dinilai masih sangat minim, meski potensi sangat besar, jika masyarakat yang wajib membayar zakat, menyalurkan zakatnya hasil luar biasa.

"Artinya ini adalah sebuah tantangan, bagaimana meyakinkan dan menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk membayar zakat," Ketua Foz wil Sumsel, ‎Kusworo Nursidik dalam kegiatan Rapat kerja wilayah I dan pengukuhan pengurus Foz Wil Sumsel yang digelar di auditorium musi diklat PT Pusri, Selasa (7/3).

Menurutnya karena dalam ajaran agama, membayar zakat ini adalah sebuah kewajiban, karena zakat sangat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada umat.

Menurutnya jika seluruh potensi zakat di Sumsel ini dapat dihimpun, tidak akan diperlukan lagi kegiatan pengetasan kemiskinan, karena masyarakat sudah bisa disejahterakan melalui hasil zakat ini.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan beberapa langkah, yakni melakukan gerakan secara masif, membidik segmen corporate, dan memperluas akses wilayah, sehingga pencapaian zakat dapat lebih optimal dimasa mendatang.

 

Editor: irwan wahyudi