Ini Fakta Unik Tentang Fitur Dalam Handphone Asus Zenfone

Penulis: Awan - Waktu: Rabu, 14 September 2016 - 07:21 AM
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Sejak Asus meluncurkan Handphone versi Zenfone, beberapa fitur menarik ikut dikenalkan. Sekarang seri Zenfone sudah menginjak generasi ketiga. Banyak varian Zenfone yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa fitur unik dari Asus1.

1.    Easy Mode

Bagi Anda pemilik Samsung Galaxy S5 atau Galaxy S4, mungkin fitur ini sudah custom banget Anda temui. Sebenarnya fitur Easy Mode ini adalah  fitur yang mengubah tampilan homescreen dan laman Menu menjadi tampilan yang mudah untuk dilihat, lebih simple dan  terkesan lebih sederhana. Fitur ini sangat  direkomendasikan untuk pengguna  lansia atau anak-anak yang membutuhkan akses ke tiap aplikasi dengan lebih mudah, tampilan homescreen yang tidak terlalu rumit.  Tiap ikon yang mewakili aplikasi di Easy Mode, terlihat lebih besar sehingga memudahkan Anda untuk mencari dan melihat aplikasi yang akan Anda gunakan. Untuk mengaktifkan Easy Mode, masuk ke Setting > Easy Mode>  Pilih “On”> Lalu secara otomatis semua tampilan Homescreen dan laman Menu akan berubah. Untuk men-nonaktifkan, lakukan langkah yang sama.

2.    Screen Color Mode

Oke, mungkin pengakutan brightness layar (tingkat kecerahan layar) di setting smartphone terdengar sudah custom ya? Namun untuk fitur setting Screen Color Mode di Asus Zenfone 3 (ZE520KL) memuat settingan atau personalisasi yang lebih kompleks dan lebih lengkap.  Anda akan  leluasa untuk mengatur tingkat keseimbangan warna (Balance), Bluelight Filter, mengatur ketajaman warna (Vivid)   dan melakukan kustomisasi  warna terutama menyangkut  tinggi rendah Hue dan  Saturasi warna. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan tampilan brightness  layar  dengan kondisi iklim dan cuaca yang saat ini Anda di sekitar Anda dengan mengatur Color Temperature.

3.    Screen Pinning

Pernah gak, Anda merasa sebal  di saat membaca e-Book  atau dokumen  tertentu di smartphone Anda, lalu layar meredup dan  berkali-kali Anda harus mengalami kerepotan untuk kembali masuk ke  aplikasi tersebut.  Kini di Asus Zenfone 3 (ZE520KL) Anda dimudahkan dengan fitur setting Screen Pinning.

Sesuai dengan namanya yakni “Pinning”, fitur ini berguna sekali untuk mem-pin atau memasang / mematok atau mengunci  satu  aplikasi yang  dipilih untuk kemudian  selalu ditampilkan di layar utama. Jadi, Anda tidak perlu  repot-repot masuk ke  aplikasi lain, atau mencari  melalui homescreen lagi. Caranya sangat mudah. Masuk ke Setting> Security > Pilih Screen Pinning> Pilih “On” > Lalu Masuk ke Recent Apps  > Pilih laman yang Anda ingin Pin.  Nah, jika Anda ingin men-nonaktifkan Screen Pinning ini, Anda cukup menekan  softkey  Back dan Recent Apps secara bersamaan.

4.    PlayTo

Fitur yang ditempatkan di Setting ini  memungkinkan Anda untuk memutar  berbagai konten  ke perangkat lainnya yang memiliki layar lebih besar, secara koneksi nirkabel yakni melalui WiFi.  Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda cukup masuk ke Setting> More> PlayTo> Plih OnLalu perangkat Anda akan  memilih  device yang bisa ter-pairing dengan smartphone Anda.

5.    DMS (Digital Media Server)

Bagi yang masih awam dengan Digital Media Server, sebenarnya konsep ini adalah agak mirip dengan DLNA. Digital Media Server (DMS) adalah salah satu dari spesifikasi / kelas DLNA. Berbagai konten  yang disharing  melalui DMS akan membuatnya tersedia untuk jaringan Digital Media Plyer  (DMP) dan Digital Media Renderers  (DMR). Contoh termasuk PC dan perangkat penyimpanan jaringan terpasang (NAS) di smartphone  Asus. Namun perlu dipastikan bahwa sebelum melaksanakan fungsi ini, pastikan semua perangkat pada saat yang sama terbuhung dengan  LAN (Local Area Network) dan  terhubung ke router AP dengan WiFi. Masuk ke Setting> More> Digital Media Server> Pilih “On” > Pilih tipe media yang ingin Anda Share (music, foto dan video) > Personalisasikan Share Folder > Personalisasikan nama perangkat Anda>Ok. 

Maka Anda sudah siap untuk terhubung dan  sharing berbagai folder file dan file media  dengan perangkat lain. Tapi jangan lupa, Anda terlebih dulu harus mengaktifkan modus DMS di perangkat lain juga. Masuk ke aplikasi yang Anda inginkan misalnya Musik > tekan ikon Setting di sudut kanan atas > Pilih Setting> Search Media Server> On.

6.    Do It Later

 

“Do it later” adalah fitur untuk menggabungkan fungsi yang paling populer (telepon, browser, SMS  dan lainnya ) untuk aplikasi yang unik. Anda dapat menemukan untuk melakukan tugas-tugas dalam aplikasi ini. Cara untuk memanfaatkan fitur ini mudah.  Misalnya, Anda langsung masuk ke salah satu kontak Anda. Hold dan tekan kontak Anda tersebut> hingga muncul  ada beberapa opsi  salah satunya adalah “Call Later” > Pilih Call Later/. Lalu Anda beralih ke Email.

Dengan fitur  Do It Later memungkinkan Anda untuk membaca Email sebagai “daftar tunggu” yang musti Anda tengok di smartphone Asus ini. Caranya Hold dan tekan email dari salah satu kontak Anda > akan keluar beragam opsi settingan> Pilih “Read Later> Ok. Nah, begitu juga dengan SMS.  Hold dan tekan SMS dari salah satu pengirim di Inbox Anda. Setelah itu, tekan Setting di sudut kanan layar> muncul beragam settingan , pilih Reply Later> Ok.  Dan fitur ini juga berlaku untuk berbagai  aktivitas lainnya, lho.

7.    ZenMotion

Zen Motion  adalah salah satu fitur andalan ZenUI berbasis  OS Android 5.0 Lollipop yang memanfaatkan motion gesture atau gerakan. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengaktifkan fitur tertentu dengan menggoyang-goyangkan ponsel atau menggambar huruf tertentu di layar.  Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda cukup masuk ke Setting> Zen Motion> Aktifkan Touch Gesture dan Motion Gesture. 

Saat Anda mengaktifkan Touch Gesture,  Anda bisa mempersonalisasikan  double tap untuk menon aktifkan layar, swipe layar untuk mengaktifkan layar dan sebagainya.  Anda pun bisa memasukkan berbagai personalisasi  gesture tertentu untuk mengaktifkan aplikasi tertentu.  Uniknya, ada fitur  One Hand Mode yang memungkinkan pengguna untuk nyaman menggunakan smartphone ini dengan satu telapak tangan saja. Tekan Quick Trigger> Tekan 2 kali pada bagian Home> Lalu tampilan layar akan menyempit dan sangat pas untuk terjangkau dalam pengetikan satu tangan.

8.    Glove Mode

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering beraktivitas dengan menggunakan sarung tangan. Tentu Anda sering merasa kerepotan jika mengaktifkan layar smartphone  saat masih menggunakan sarung tangan bukan? Buka copot sarung tangan, tentu bukan solusi yang menyenangkan. Ada penyetelan Glove Mode yang  dimana akan menambahkan tingkat sensitivitas layar  saat pengguna menyentuh layar smartphone Asus dengan menggunakan sarung tangan.   Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Setting > Asus Customized Setting> Glove Mode> Ok.

Editor: RI