Masuk Lagi Ke Cina, Google Lunturkan Idealisme Negeri Tiongkok

Penulis: Awan - Waktu: Selasa, 8 September 2015 - 10:18 AM
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Cina selama ini dikenal dengan idelisme dengan menolak masuknya teknologi dari barat. Namun idealisme tersebut sepertinya akan luntur jika Google benar-benar sukses masuk ke negeri Tiongkok melalui pembukaan aplikasi online Android.

Googleh yang ditopang oleh kelebihan Android kini memang diakui menguasai pasar dunia. Produsen seperti Xiaomi menyesuaikan versi mereka sendiri dengan OS Android yang sudah dikembangkan, sementara Baidu dan perusahaan internet lainnya di Tiongkok tetap menjalankan toko aplikasi yang tidak berbagi pendapatan dengan Google.

Langkah ini akan menandai kembalinya Google yang pindah layanan pencarian online dari Tiongkok ke Hong Kong pada tahun 2010, setelah mendapat serangan cyber yang menargetkan pengguna GMail. Setelah itu banyak layanan Google, seperti layanan email GMail diblokir di Tiongkok.

Tiongkok memamng harus diakui sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia otomatis memiliki pasar terbesar untuk masalah penggunaan smartphone.

Editor: RI