Pelantikan ‘Sunyi’ Komjen Budi Gunawan Sebagai Wakapolri

Penulis: Rio - Waktu: Kamis, 23 April 2015 - 21:47 PM
Credit by: Komjen Budi Gunawan resmi sebagai Wakapolri (Ist)

Jakarta, PINews.com - Setelah memiliki pemimpin baru yakni Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri, kini institusi Polri lengkap dengan telah dilantiknya Komjen Budi Gunawan sebagai Wakapolri pada Rabu (22/4) sore.

Pelantikan Komjen Budi Gunawan sendiri berlangsung secara 'sunyi' dan tertutup di Mabes Polri. Tidak ada awak media yang diizinkan masuk untuk meliput pelantikan orang No.2 di salah satu badan hukum tertinggi republik ini.

“Tidak ada apa-apa. Ini rahasia. Ini mekanismenya. Ini adalah internal rumah tangga polri. Ini kesepakatan bersama," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Inspektur Jenderal Anton Charliyan kepada wartawan usai pelantikan.

Untuk diketahui, untuk pelantikan pejabat Polri biasanya dilakukan secara terbuka, seperti pelantikan Anton sebagai Kepala Divisi Humas menggantikan Inspektur Jenderal Ronny Sompie, meskipun dilakukan secara sederhana.

Budi Gunawan sendiri sebelumnya sempat ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus rekening gendut. Namun melalui praperadilan status tersangka Budi Gunawan pun dibatalkan. Namun kasusnya sendiri hingga saat ini masih belum tuntas diusut.

Kondisi ini tidak menutup kemungkinan mengundang pertanyaan dari masyarakat. Kenapa dalam melantik posisi yang jabatannya penting dan harus diawasi masyarakat justru tidak dipublikasi?

Editor: RI