Jakarta Jadi Kota Termacet Dunia, Ini Komentar Wapres Jusuf Kalla

Penulis: Rio - Waktu: Jumat, 6 Februari 2015 - 08:26 AM
Credit by: Ilustrasi Kemacetan (Ist)

Jakarta, PINews.com - Indonesia kembali menjadi perbincangan dunia melalui ibu kotanya, DKI Jakarta. Bagaimana tidak, Jakarta baru saja mendapatkan predikat No.1 untuk urusan kemacetan.

Indeks urutan kota termacet mengacu dari data navigasi pengguna Tom Tom, mesin GPS, dan alat untuk menghitung jumlah berhenti dan jalan kendaraan setiap kilometernya. Jumlah tersebut kemudian dikalikan dengan jarak rata-rata yang ditempuh setiap tahun di 78 negara. 

Kenyataan memalukan ini membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut berbicara. Menurut JK predikat tersebut harus diterima dan dijadikan pecutan untuk terus berbenah.

“Memang harus diperbaiki, dan kita harus terima (predikat kota termacet), tapi yang paling penting itu tadi perbaikan," ujar Pak Wapres di Jakarta.

JK juga sempat berkomitmen untuk membantu Pemprov Jakarta mengatasi masalah ini dan mendukung berbagai program yang sudah direncanakan Gubernur Ahok.

Selain Jakarta, ternyata Indonesia menyumbang satu kota lainnya di posisi lima besar kota termacet dunia. Surabaya bercokol di posisi empat dibelakang Istanbul di urutan kedua dan Meksiko di urutan ketiga.

Kemacetan ini benar-benar menjadi “momok” bagi pemerintahan di kota-kota besar. Karena kemacetan ini juga yang menjadi pnyumbang besar dalam hal kerugian.

Editor: RI