Ballon d'Or Dianggap Sudah Salah Pilih Pemenang?

Penulis: Rio - Waktu: Senin, 19 Januari 2015 - 21:47 PM
Credit by: Ronaldo dan Messi (Ist)

Jakarta, PINews.com - Penghargaan Ballon d’Or atau pemain terbaik dunia tahun 2014 memang sudah berlalu, dan Cristiano Ronaldo dengan meyakinkan mengungguli pesaingnya Messi dan Neuer. Namun masih ada saja yang tidak terima dengan hasilnya.

Adalah legenda Belanda Johan Cruyff yang menilai baik Ronaldo ataupun Messi bukanlah orang yang tepat mendapatkan predikat pemain terbaik dunia.

Menurut Cruyff, pengahrgaan Ballon d’Or dalam 2 tahun terakhir seperti sebuah penghargaan lelucon karena para nominasi atau yang mendapatkan penghargaan dinilai dari banyaknya gol yang mereka buat, dimana Messi dan Ronaldo adalah sama-sama mesin pencetak gol di klubnya masing-masing.

“Pemenang harusnya dipilih berdasarkan kualitas dan prestasi pribadi. Sayangnya sejak dua tahun yang lalu pemenangnya bukan orang yang tepat” kata Cruyff dalam surat kabar De Telegraaf.

Pemain Jerman seperti Toni Kroos lah yang menurut Cruff lebih tepat mendapatkan predikat pemain terbaik, karena selain menunjukkan penampilan yang gemilang, Kroos berhasil membawa timnya juara, baik Bayern Munich ataupun Timnas Jerman yang meraih gelar Piala Dunia 2014.

“Tahun 2013, Bayern Munich sangat berprestasi, namun nama Kroos tidak menang sama sekali. Tahun 2014, Jerman juara Piala Dunia, dan nama Kroos atau pemain Jerman lainnya tidak juga keluar sebagai pemenang," tulis Cruyff.

Jika diingat memnag benar apa yang dikatakan oleh Cruyff, Messi dan Ronaldo mendominasi persaingan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Praktis tidak ada pesaing diantara mereka berdua yang sama-sama subur di klubnya.

Editor: RI