TNBTS Tutup Jalur Pendakian Gunung Semeru

Penulis: Rio - Waktu: Minggu, 4 Januari 2015 - 21:46 PM
Credit by: Puncak Mahameru, Gunung Semeru (PIN)

Malang, PINews.com - Terhitung mulai 5 Januari 2015 Jalur pendakian ke Gunung Semeru yang memiliki di Kabupaten Lumajang-Malang, Jawa Timur ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Aturan tersebut dikeluarkan oleh TNBTS dengan tujuan untuk memulihkan ekosistem hutan serta mengantisipasi cuaca buruk yang terjadi di gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl itu.

"Penutupan tersebut rutin dilakukan setiap tahun untuk memulihkan ekosistem kawasan setempat. Selain itu, dikhawatirkan terjadi badai akibat cuaca buruk, sehingga jalur pendakian mulai Senin (5/1) pekan depan ditutup sementara," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dewi Utari, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Menurut dia, pihaknya menerbitkan izin pendakian kepada wisatawan domestik dan asing hingga 3 Januari 2015, sehingga diharapkan pada 5 Januari 2015 jalur pendakian Semeru sudah steril dari pendaki.

Setelah resmi ditutup, lanjut dia, petugas TNBTS bersama sukarelawan dan pencinta alam akan membersihkan sampah di sepanjang jalur pendakian Semeru.

"Meningkatnya jumlah pendaki selama liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2015 menyisakan sampah yang cukup banyak di sepanjang kawasan, sehingga harus dibersihkan," paparnya.

Editor: RI