Pemprov DKI Jakarta Akan Pasang 2.500 unit CCTV Pada Tahun 2015

Penulis: WB - Waktu: Jumat, 12 Desember 2014 - 21:58 PM
Credit by: Ilustrasi cctv di jalan-jalan Jakarta (Ist)
Jakarta,PINews.com - Untuk mengurangi kejahatan di jalanan, ribuan CCTV akan disebar di berbagai wilayah di DKI Jakarta. Pemprov DKI menerima sumbangan CCTV tersebut dari Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya yaitu PT Bali Towerindo Sentra.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) usai menerima paparan dari PT Bali Towerindo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/12/2014), mengatakan, "Dia (PT Bali Towerindo Sentra) mau ngasih 4.000 CCTV." 

Namun Ahok meminta PT Bali Towerindo untuk memasang 500 unit CCTV terlebih dahulu pada awal tahun depan. Totalnya selama 2015 akan dipasang dulu sebanyak 2.500 unit CCTV di Jakarta. Pemasangan CCTV akan dilakukan di pinggir jalan, taman dan tempat-tempat umum. 

"Dia boleh pasang di tiang, boleh pasang di pohon palem segala macam," lanjut Ahok. Pemprov DKI Jakarta juga meminta kepada PT Bali Towerindo untuk merawat CCTV yang dipasang. Sebab menurut Ahok, jika perawatan diserahkan ke Pemprov DKI, ia khawatir CCTV itu cepat rusak dan tidak terkontrol.
 
"Anda kasih ke kita, saya pusing ngerawatnya. Ini barang tetap punya Anda. Kan kita enggak mau kredit bank," ujar Ahok.
 Menurutnya, hal tersebut juga akan menguntungkan pihak CSR. Sebab dengan demikian, aset CCTV masih merupakan milik pihak CSR. Perawatan sepenuhnya dilakukan oleh pihak CSR selama CCTV tersebut masih terpasang. 

"Dan ini mesti multi-use istilahnya. Semua masyarakat DKI bisa akses yang mudah karena kita mau buka," ujarnya. CCTV ini akan terintegrasi dengan kepolisian, sehingga penanganan masalah kejahatan juga akan lebih mudah. Pemprov DKI Jakarta juga akan meluncurkan website smartcity.jakarta.org. Monitoring CCTV juga akan ditampillkan dalam situs tersebut, sehingga dapat diakses langsung oleh masyarakat.

Editor: RI