Wow, Ukiran Manusia Tertua Dibuat Di Indonesia

Penulis: Rio - Waktu: Minggu, 7 Desember 2014 - 07:39 AM
Credit by: Kerang fosil Pseudodon diperkirakan dibuat oleh manusia purba Homo erectus di Trinil, Jawa Timur (BBC)

Jakarta, PINews.com - Indonesia sejak sudah lama diisukan adalah pusat dari peradaban dunia pada zaman SM dulu. Banyak bukti-bukti yang mengarahkan para peneliti untuk mengambil kesimpulan tersebut. Salahsatu temuan lain yang mengarahkannya adalah adanya fakta bahwa telah ditemukan ukiran pada kerang yang diduga kuat dibuat pada 450.000 tahun lalu.

Pola ukiran diteukan pada permukaan kulit kerang di Trinil, Jawa Timur,  dimana para peneliti menyebutkan ukiran tersebut dibuat oleh Homo Erectus. Ini berarti bisa dikatakan ukiran manusia itu adalah yang tertua di muka bumi, karena pahatan sebelumnya ditemukan berumur 130.000 tahun, seperti dilansir BBC.

Pahatan pada kerang ditemukan melalui penelitian baru terhadap 166 kerang air tawar yang ditemukan di Trinil. Ratusan kerang air tawar yang difosilkan digali dan dikumpulkan oleh ilmuwan Belanda Eugene Dubois pada tahun 1890-an.

Salah satu peneliti yang melaporkan temuan ini, Stephen Munr, meyakini bahwa temuan tersebut mungkin akan "menulis ulang sejarah manusia". "Ini kali pertama kami menemukan bukti Homo erectus bertindak seperti ini," kata peneliti dari Australian National University.

Jadi, benarkah Indonesia sudah menjadi pusat peradaban dunia pada zaman purba?

Editor: RI