Wow, Tanda Tangan Einstein Terjual Rp 125 Juta

Penulis: HM - Waktu: Selasa, 25 November 2014 - 23:35 PM
Credit by: Albert Einstein (Ist)

Jakarta, PINews.com - Einstein membubuhkan tanda tangannya pada sebuah surat saat Perang Dunia II. Kini surat bersejarah yang ditulis tahun 1939 terjual dalam lelang di Los Angeles. Surat dengan bubuhan tanda tangan Albert Einstein ini terjual mahal.

Nate D. Sanders merupakan tempat pelelangan yang berhasil menjual surat dengan harga fantastis, yakni 12.500 dollar Amerika atau sekitar Rp 125 Juta.

Surat ini ditulis Einstein untuk pedagang topi di New York bernama Isidore Zelnikerof Bronx. Pedagang ini terlibat dalam upaya membantu orang Yahudi di Eropa untuk melarikan diri dari kejaran Nazi.

Fisikawan ini terlahir dari orang tua Yahudi, namun kemudian bermigrasi ke Amerika Serikat. Semasa Perang Dunia II, Einstein terlibat aktif dalam upaya membujuk pembuat kebijakan Amerika dan Eropa untuk turut campur tangan terhadap nasib orang Yahudi.

Einstein telah banyak membuat surat pribadi yang menuliskan nasib orang Yahudi saat Perang Dunia II. Banyak pula surat tersebut yang akhirnya terjual secara online.

Selain surat yang ditujukan kepada penjual topi di New York, tahun 2012 surat Einstein kepada filsuf Yahudi asal Jerman bernama Eric Gutkind pun terjual di dunia masya. Surat yang ditulis tahun 1954 silam, mengisahkan tentang pandangan Einstein dengan Tuhan serta aga,a. Ia juga menuliskan hubungan mendalam tentang warisan Yahudi.

Nampaknya segala hal tentang fisikawan legendaris ini begitu berharga. Bahkan potongan otak Einstein pun turut diawetkan.(live science)

 

Editor: RI