Masyarakat Harus Sadar Bahaya Menjadi Perokok Pasif
Credit by: Ilustrasi perokok pasif (Ist)

Jakarta, PINews.com - Semua orang sudah mengetahui pasti bahaya merokok. Apalagi asap rokok bagi yang menghirupnya. Perokok pasif (orang yang menghirup asap rokok) pada umumnya tidak mengetahui bahaya tentang asap rokok yang di hirup tanpa sadar meskipun berbagai informasi tentang bahayana sudah sering didengung-dengungkan.

Jika tinggal atau berdekatan dengan perokok aktif perokok pasif sangat beresiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa resiko lebih tinnggi jika tinggal dengan perokok aktif, kenyataannya sama jika kita tinggal di kota berpolusi atau pabrik besar dengan mengeluarkan asap yang berpolusi.

"Para perokok seringkali menyatakan pandangan bahwa polisi udara lebih penting dibandingkan perokok pasif di rumah mereka.Padahal asap rokok dapat memproduksi partikel racun di rumah yang lebih besar dibandingkan polusi udara di kota-kota di Inggris" kata kepala penulis Dr Sean Semple, dari Universitas Aberdeen.

Dari penelitian juga mengatakan bahwa paparan asap rokok dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti pernapasan dan penyakit jantung, bagi para perokok pasif.

Editor: RI