Tony Blair Desak Toleransi Beragama Di Sekolah Di Seluruh Dunia
Credit by: Tony Blair (Ist)

Jakarta, PINews.com - Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair mendorong forum internasional, seperti G20, untuk membuat piagam bersama yang mengharuskan negara-negara menerapkan toleransi beragama melalui sistem pendidikan.

Dalam artikelnya, Blair menegaskan bahwa pertempuran melawan ISIS serta ancaman terorisme perlu dilakoni di ranah pemikiran tidak hanya melalui perang. Menurutnya, semua langkah pengamanan dan pertempuran sia-sia jika pemikiran intoleransi yang memupuk aksi kekerasan bermotif agama tidak ditentang.

“Adalah bodoh apabila kita mengabaikan proses perusakan pikiran, lalu pada saat bersamaan kita menghabiskan miliran di bidang keamanan guna menanggulangi ancaman yang sebenarnya kita ijinkan untuk bertumbuh,” tulis Blair.

Untuk itu, lanjut Blair, forum-forum internasional seperti G20 semestinya mulai menyusun piagam bersama yang diterima semua negara dan disokong Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Isi piagam itu mewajibkan semua negara untuk mengajarkan kebajikan toleransi beragama melalui sistem pendidikan.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini ialah bagaimana menunjukkan kaum muda yang rentan terhadap ajakan teroris bahwa ada jalur lebih baik sehingga suara mereka bisa didengar,” kata Blair.

Editor: RI